Selasa, Mei 28, 2024

Indeks Demokrasi Indonesia di Bengkulu Tahun 2022 pada Angka 73,23

Indeks Demokrasi Indonesia di Bengkulu Tahun 2022 pada Angka 73,23

Fri, 04/26/2024 – 17:43

Proses pemungutan suara Pemilu 2024 di Bengkulu, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar membuka Rapat Pokja/FGD Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Bengkulu dengan tema “Mengefektifkan Tahapan Pengukuran IDI dan Mempercepat Rilis IDI Tahun Anggaran 2023” di Adeeva Hotel, Pantai Panjang, Jumat, (26/04/2024).

Dikatakan Khairil, IDI adalah alat ukur kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan dan penerapan demokrasi di Bengkulu. Sesuai data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik pada tahun 2022, Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) untuk Provinsi Bengkulu pada angka 73,23.

“Tadi ada beberapa temuan oleh BPS provinsi, tentu ini menjadi evaluasi untuk kita semua pihak dan indeks demokrasi kita di 2022 yang dikeluarkan oleh BPS itu pada angka 73,23 dalam skala 0 sampai 100,” kata Khairil. 

Ia menambahkan, FGD pagi ini, tim Pokja membahas beberapa poin indikator penilaian guna menentukan nilai Indeks Demokrasi Indonesia tahun 2024 untuk Provinsi Bengkulu.

“Ada beberapa poin yang kita bahas pada rapat ini, salah satunya adalah indikator dari aspek kebebasan. Aspek ini diartikan sejauh mana sektor-sektor atau kelompok yang beragam dapat memperoleh kemandirian,” tambahnya. 

Sementara Statistisi ahli Madya BPS Provinsi Bengkulu Eko Fajariyanto mengatakan, pengukuran indeks demokrasi Indonesia merupakan bentuk kerja sama dari empat lembaga. 

“Ada empat lembaga yang turut mengukur indeks demokrasi Inonesia, yaitu BPS itu sendiri, Bappenas, Kemenkopulhukam dan Kementerian Dalam Negeri. Untuk Bengkulu sendiri dalam tiga tahun terakhir itu ada di 2020 pada angka 72,20 dan 2021 itu 72,73 terus 2022 73,23. Semua itu dalam skala 0 sampai 100,” singkat Eko. [Febri]
[17.05, 26/4/2024] +62 853-8272-0273: Sambut May Day 1 Mei, Pemprov Bengkulu akan Gelar Bakti Sosial

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar membuka rapat pelaksanaan Hari Buruh Internasional atau lazim disebut May Day di Gedung Serba Guna (GSG) Kantor Gubernur pada Jumat 26/4/2024.

Pelaksanaan May Day yang akan digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dengan mengusung tema ‘Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/ Buruh Yang Berkompeten’ ini akan diisi dengan berbagai macam kegiatan sosial. Seperti khitanan, donor darah maupun pengobatan gratis. Kegiatan nantinya akan dipusatkan di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Lebih lanjut kata Khairil, selain pelaksanaan kegiatan sosial, Pemprov Bengkulu juga akan mengundang serikat buruh di Bengkulu pada 30 April mendatang untuk menggelar dialog bersama Gubernur Rohidin Mersyah di Balai Raya Semarak.

“Sudah setuju di tanggal 30 April seluruh Keluarga Pekerja KSPSI Bengkulu, SPPP-SPSI Bengkulu dan FSPMI Bengkulu akan bertemu dengan pak Gubernur untuk diskusi dan sharing bersama. Tentu kita harapkan ada pihak-pihak yang bisa mengakomodir dan bisa menjawab,” kata Khairil Anwar.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu Syarifudin menambahkan, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga mengajak masyarakat Bengkulu berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial May Day.

“Tentu kita juga mengajak masyarakat ikut partisipasi dalam kegiatan sosial menyambut Hari Buruh Internasional atau May Day terutama kegiatan sosial pengobatan gratis maupun donor darah dan lainnya,” tutupnya.

Editor: Irfan Arief

Politik 

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...