Ini Dia Jumlah Tangkapan Hewan Ternak Satpol-PP Kaur 2014

0
illustrasi

Hewan Ternak berkeliaran di Kaur
kaur, kupasbengkulu.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Kaur dalam menindaklanjuti Perda No 19 tahun 2013 tentang pemeliharaan hewan ternak.

Dalam Perda disebutkan pemilik hewan tidak mengurungkan ternaknya dan membiarkan hewan ternaknya berkeliaran di jalan umum, maka akan didenda.

Untuk sapi dan kerbau yang terjaring razia Satpol-PP ini, pemilik wajib membayar biaya penangkapan sebesar Rp 250/ekor, dengan biaya penangkaran satu hari Rp 75 ribu/ekor. Sedangkan untuk kambing biaya penangkapan Rp 50 ribu/ekor, dan biaya penangkaran per hari Rp50 ribu/ekor.

Namun perda ini masih saja dilanggar oleh pemilik hewan ternak di Kabupaten Kaur terutama di Kecamatan Kota Bintuhan. Karena saat ini penertiban dilakukan bertahap yang diawali di Kecamatan kota.

Kasat Pol-PP Kaur Surianto menjelaskan sepanjang tahun 2014 ini jumlah penangkapan sebanyak 272 ekor kambing dan 32 ekor sapi.

“Sepanjang tahun 2014 ini total tangkapan sebanyak 304 hewan ternak. Yakni 272 ekor kambing dan 32 ekor sapi. Namun tidak semuanya masuk penangkaran. Karena begitu ternaknya dikabarkan terjaring razia Satpol-PP, saat itu juga ternak ditebus oleh pemiliknya,” papar Kasat Pol-PP Surianto, Kamis (18/12/2014).

Surianto berharap tahun 2015 mendatang masyarakat semakin menyadari perda ini dan mengandangkan ternaknya supaya tidak lagi berkeliaran dijalan umum. Dan razia ternak ini juga akan terus dilakukan secara bertahap hingga keseluruh Kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Kaur.(mty)