Kamis, Desember 2, 2021

Jati Super, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Baca selanjutnya

Pohon Jati Super si Pohon Emas yang sempat menggiurkan masyarakat petani Provinsi Bengkulu.
Pohon Jati Super si Pohon Emas yang sempat menggiurkan masyarakat petani Provinsi Bengkulu.

kupasbengkulu.com – Masih ingat dengan jati super? Lebih dari 10 hingga 12 tahun yang lalu, masyarakat petani di Bengkulu sempat dihebohkan dengan penemuan kloning pohon jati yang populer dengan nama jati super.

Saat itu, jati super menjadi perbincangan hangat para petani hampir di seluruh pelosok daerah Bengkulu, diikuti dengan hitung-hitungan keuntungan yang diperoleh jika menanam “pohon emas” ini.

Dimasa itu pula, masyarakat dengan semangat “pasti kaya” berbondong-bondong menanam jati super. Namun, setelah 12 tahun berlalu, perbincangan jati super hilang diterpa zaman.

Situasinya kini, hanya tinggal jejak bisu tanaman jati super yang tumbuh renta tak berguna.

Dalam kunjungan saya ke pelosok pedesaan di provinsi ini, dari Kabupaten Mukomuko hingga Kabupaten Kaur, ditemukan sisa tanaman ini tumbuh di petalangan penduduk.

Jati super yang dulu membawa harapan kekayaan pada masyarakat, tumbuh seperti semak belukar tak berguna. Bahkan, jika dijadikan bahan pembuat pagar pun tak berguna.

Selaku pengamat pedesaan, saya jadi bertanya-tanya siapa yang harus
bertanggung jawab atas kegagalan ini? Karena begitu besar kerugian masyarakat petani Bengkulu.

Dirugikan dengan hitungan-hitungan bisnis menggiurkan dari jati super ini dikala itu. Setelah lebih sepuluh tahun berlalu, ternyata jati super tidak terbukti bisa mensejahterakan.

Pemerintah daerah melalui dinas terkait menutup mata, akan kenyataan ini, masyarakat tidak dilindungi ketika ada informasi menyesatkan tentang satu komoditi tanaman yang ketika dikampanyekan tidak berdasarkan hitungan akademik yang benar.

Karena kesalahan membuat keputusan menanam komoditi seperti ini, kerugiannya baru dirasakan setelah puluhan tahun. Sebaiknya petani belajar dari pengalaman menyesatkan ini.(Muspani, SH/Pengamat Pedesaan)

Presiden RI Keluarkan Kebijakan Segera Belanjakan TKDD 2022

Kupas News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)...

Berikut Ini Motor “Offroad” Trail Terbaik Sepanjang 2021

Kupas News – Industri sepeda motor setiap tahunnya selalu mengembangkan berbagai inovasinya. Sudah pasti teknologi dan spesifikasi terkini yang diterapkan pada keluaran terbaru mereka....

Kemenaker RI akan Bangun UPTP di Bengkulu

Kupas News – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI akan membangun Balai Pelatihan Kerja (BLK) Pusat di Bengkulu. Hal ini merupakan program transformasi BLK menjadi Unit...

Polres Bengkulu Tangkap Pelaku Begal yang Terjadi di 3 Titik

Kupas News – Gabungan Opsnal Polres Bengkulu di back up anggota polsek Gading Cempaka dan anggota jatanras Polda Bengkulu melakukan penangkapan pelaku tindak pidana...

YPIB Dorong Integritas Semangat Gotong Royong dan Pendidikan Berkarakter

Kupas News - Revolusi mental merupakan salah satu cara kebijakan Pemerintahan Jokowi-Maaruf dalam mengusung visi besar Indonesia Maju. Melalui Kementerian PMK visi itu diterjemahkan...

Terbaru