oleh

Jelang Lebaran, Waspada Daging Bercacing !

kupasbengkulu.com – Mendekati hari raya Idul Fitri, berhati-hati bila ingin membeli daging, terutama daging sapi. Pasalnya, di Pasar Atas, Curup, Rejang Lebong, tim gabungan dari Dinas Perikanan dan Perternakan (Disnakan) setempat menemukan daging yang bercacing.

Walaupun hanya sebagian kecil saja dari sampel yang diperiksa ditemukan cacing ini, namun calon pembeli komoditi ini diwajibkan harus lebih teliti dalam membeli. Pemeriksaan ini dilakukan di beberapa pasar tradisional di Kota Curup, seperti Pasar Atas, Pasar De dan Pasar Kaget, Air Putih.

Jenis cacing yang ditemukan oleh tim dalam pemeriksaan tersebut ialah jenis cacing Daun atau Cacing pipih (Tremoda). Cacing ini ditemukan di beberapa titik, antara lain pembuluh darah, hati hingga didekat empedu seekor sapi.

Terlalu banyak mengonsumsi daging yang dihuni oleh cacing ini, lanjut tim pemeriksa, akan membuat seseorang dapat terkena peradangan hati. Namun, meskipun merugikan, cacing ini tidak begitu berbahaya.

Kadisnakan setempat, Ir Amrul Eby MM, SEnin (21/07/2014) pada wartawan menyatakan pemeriksaan ini bertujuan untuk mengawasi daging yang akan dibeli oleh masyarakat nantinya. Seperti diketahui, daging saat ini menjadi komoditi paling diincar, sehingga ditakutkan akan ada oknum-oknum yang memanfaatkannya dengan menjual daging berkualitas jelek.

“Seperti yang kita temukan, meskipun cacing ini tidak begitu berbahaya, tetapi tetap saja merugikan,” pungkasnya.(vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed