oleh

Jelang Ramadhan, Gula Merah Melonjak

Gula merah melonjak naik jelang puasa.
Gula merah melonjak naik jelang puasa.

Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com– Harga gula merah di pasaran kini  melonjak drastis menjelang bulan suci Ramadhan Tahun 2016.
Saat ini harga jual dari produsen saja untuk perkilogramnya (Kg) adalah Rp13 Ribu. Sedangkan di pasaran, harga gula merah mencapai Rp15 Ribu per Kg.

Tentu saja  ini bisa menimbulkan fluktuasi harga pasar lainnya, terutama harga makanan takjil  yang rata-rata berbahan gula merah. Seorang produsen gula merah dikawasan Air Merah, Kecamatan Curup Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Sri Widarni (54) menyatakan, pada awal bulan lalu, harga gula merah bulat per-Kg-nya senilai Rp 9 Ribu.  Namun, untuk harga jual di pasar adalah Rp10 Ribu hingga Rp11 Ribu per-Kg.

“Naik sampai empat ribu rupiah per-Kg,” kata Sri.

Desa Air Merah merupakan salah satu kawasan penghasil Gula Merah terbesar di Kabupaten Rejang Lebong. Hal ini, menurut Sri, dikarenakan banyaknya tanaman Aren di desa tersebut.

Kenaikan harga gula merah ini, lanjut Sri, disebabkan oleh hasil panen aren yang cukup sedikit. Sebab saat ini sudah masuk musim kering.

“Hasil panen Aren sedikit, jadi jumlah gula merah sedikit, karena permintaan tetap tinggi, sehingga harganya naik,” pungkas Sri.(vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed