oleh

Klarifikasi Mendagri Terkait Samisake Sengaja Disembunyikan?

Anggota Banggar DPRD Kota Bengkulu, Sofyan Hardi
Anggota Banggar DPRD Kota Bengkulu, Sofyan Hardi

kupasbengkulu.com – Dalam pertemuan antara Panitia Khusus (Pansus) penyaluran dana bergulir Satu Miliar untuk Satu Kelurahan (Samisake) DPRD Kota Bengkulu dengan pihak Pemda Kota Bengkulu yang digelar siang ini, Senin (14/7/2014), ada hal yang menjadi sorotan, yakni Surat Klarifikasi Peraturan Daerah (Perda) dari Menteri Dalam Negeri (mendagri) yang dibuat di Jakarta tanggal 20 Desember 2013.

Pansus berpendapat ada indikasi bahwa surat tersebut sengaja disembunyikan pihak tertentu. Padahal semestinya Perda Samisake Nomor 12 tahun 2013 itu harus direvisi terlebih dahulu barulah penyaluran Samisake dapat dilanjutkan kembali.

“Saya bukannya curiga, tapi perlu penjelasan. Karena dari tanggal surat saja 20 Desember 2013, kok baru disampaikan kepada kami tanggal 30 Juni 2014 sehari sebelum rapat paripurna. Artinya Pemda Kota perlu waktu setengah tahun untuk menyampaikan Klarifikasi Mendagri itu kepada kami. Kenapa baru sekarang diberikan, kenapa tidak bulan Januari 2014? Apakah sengaja disembunyikan untuk kepentingan tertentu?” beber anggota Pansus, Sofyan Hardi.

Ia menambahkan, apabila Pemda Kota telah mengetahui bahwa Perda tentang Pengelolaan Dana Bergulir Samisake tersebut maka semestinya harus segera disampaikan, untuk kemudian dibahas. Namun yang terjadi, dalam tempo setengah tahun tersebut penyaluran Samisake tetap berjalan, sementara Perda yang harusnya direvisi tidak direvisi.

“Kami butuh penjelasan, sebab saat Pemda Kota tahu bahwa Perda harus dierevisi tetapi penyaluran Samisake tetap berjalan, artinya ada tindakan pembiaran disitu dan ini sangat menyalahi. Karena Perda bukan suatu yang remah, melainkan landasan hukum. Nah kalau sudah tahu landasannya salah, kok Samisake tetap disalurkan?” paparnya.

Disisi lain, pihak Pemda Kota tidak memberikan banyak penjelasan terkait argumen Sofyan Hardi tersebut. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed