oleh

Kopi Rejang Lebong Nomor Delapan Se-Indonesia

Kopi Rejang Lebong.
Kopi Rejang Lebong.

Kupasbengkulu.com, Rejang Lebong – Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Rejang Lebong, Gunawan Sumantri menyatakan,  kopi hasil produksi Rejang Lebong menempati urutan ke delapan Se-Indonesia,  segi kualitas maupun kuantitas.

Hal itu dikatakannya, Selasa (24/5/2016) da merupakan hasil riset dari organisasi yang berkompeten dibidang perkebunan, khusus kopi.

“Aceh berada diatas kita, tapi untuk Se-Indonesia. Kita di nomor delapan. Tentu ini sangat membanggakan,” jelas  Gunawan.

Berdasarkan data dari Tahun 2015, Kabupaten Rejang Lebong menghasilkan kopi sebanyak 13.402 Ton. Jumlah itu berasal dari lahan seluas 21.635 hektar.

Dari jumlah tersebut kata Gunawan, daerah yang terbanyak menyumbangkan kopi terbaik adalah Kecamatan Sindang Dataran, Bermani Ulu dan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong.

“Analisa kita, setiap satu hektar lahan menghasilkan lebih dari tujuh  kuintal kopi. Sebagian besar adalah jenis kopi Robusta,” terangnya.

Kopi adalah salah satu komoditi andalan Rejang Lebong. ini terbukti,  selain Kecamatan Curup, seluruh kecamatan di daerah tersebut juga memiliki lahan perkebunan kopi.  Kedepannya kata Gunawan,  perkebunan kopi juga akan mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.(vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed