Jumat, September 30, 2022

Korupsi DAK, Kepsek dan Bendahara SMKN 5 Diamankan Polres BS

Baca selanjutnya

Kupas News – Satreskrim Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu (BS) melalui penyidik tindak pidana korupsi menetapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2019 di SMKN 5 Bengkulu Selatan.

“Kedua tersangka yang sudah ditahan tersebut yakni sebelumnya Kepala SMKN 5 BS, IM kemudian menyusul bendahara SMKN 5 BS, MA.” kata Kapolres BS, AKBP Juda Trisno Tampubolon SH SIK MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Gajendra Harbiandri STK SIK MH didampingi Kanit Tipikor, Ipda M Bintang Azhar STrK.

Dijelaskan oleh Kapolres BS Meskipun telah menetapkan dua tersangka dalam kasus tersebut. Namun penyidik akan terus melakukan pengembangan dan membidik calon tersangka baru.

Kapolres BS menerangkan tersangka Kepsek dan bendara SMKN 5 BS tersebut ditetapkan tersangka lantaran di sekolah tersebut pada tahun 2019 mendapat kucuran DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,7 miliar. Dana tersebut untuk pembangunan ruang praktek siswa.

Adapun rinciannya pembangunan dua ruang praktik siswa jurusan teknik audio video dan teknik sepeda motor dengan anggaran Rp 1,8 miliar serta pembangunan satu gedung lagi dengan anggaran Rp 918 juta.

Pekerjaan proyek tersebut diswakelolakan kepada pihak sekolah. Pada realisasinya, ada beberapa kendala. Seperti upah pekerja tidak dibayarkan secara penuh serta kekurangan item volume bangunan.

Persoalan itu tercium aparat penegak hukum, sehingga dilakukan penyelidikan dengan hasil audit BPKP Perwakilan Bengkulu diketahui kerugian negara akibat korupsi proyek DAK di SMKN 5 BS mencapai Rp 570 juta.

Berdasarkan hasil audit tersebut, saat ini sudah ditetapkan dua tersangka dan keduanya juga sudah ditahan di Mapolres BS dan akan menjalani proses hukum yang berlaku.

Editor: Alfridho Ade Permana

Kapolres Mukomuko Imbau Warga Laporkan Peredaran Obat Terlarang dan Miras

Kupas News, Mukomuko - Dalam rangka kunjungan kerja di wilayah hukum Polsek Mukomuko Utara, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Rabu, menggelar Forum Diskusi Situasi kamtibmas...

Forkopimda Sepakat Legalkan Aktivitas Pemungutan Limpasan Batu Bara

Kupas News, Kota Bengkulu - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu serta Aparat Penegak Hukum (APH) Wilayah Hukum Bengkulu, sepakat mendukung Pemerintah Provinsi...

Polisi Tangkap Wartawan Gadungan Usai Peras Kelompok Tani

Kupas News, Rejang Lebong - Seorang wartawan gadungan mengaku dari media Tribun Tipikor berinisial SE (40 tahun) terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan...

Bengkulu Targetkan Bebas Rabies Tahun 2030

Kupas News, Kota Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menargetkan provinsi Bengkulu terbebas dari Penyakit Rabies. Penyakit rabies merupakan penyakit yang dapat menular dari...

Bantuan Alsintan Gratis untuk Petani Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang sempat terhenti 2 tahun terakhir akibat terjangan pandemi COVID-19 kembali dijalankan. Salah...

Terbaru