oleh

Lebong Penghasil Listrik Terbesar di Bengkulu

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

kupasbengkulu.com – Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Lebong memang sudah tidak diragukan lagi apalagi untuk bidang energi. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lebong Bambang ASB, S.Sos, menjelaskan jika saat ini Kabupaten Lebong sudah menghasilkan listrik sekitar 22 Megawatt.

“Saat ini Lebong sudah ada dua PLTA yang sudah beroperasi. Yaitu 10 Megawatt dari Mega Power Mandiri dan 3×4 Megawatt dari PLTA Tes,” kata Bambang.

Ditambah lagi masih terdapat beberapa potensi yang saat ini masih dalam proses pengerjaan seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Ketahun Desa Ladang Palembang Kecamatan Lebong Utara milik PT. Bangun Tirta Lestari (BTL) yang memiliki potensi 10 Megawatt, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang terletak di Kecamatan Rimbo Pengadang menghasilkan 2,5 Megawatt.

“Belum lagi panas bumi yang saat ini tengah dikerjakan untuk menghasilkan 2×55 Megawatt dengan total potensi menghasilkan 700 Megawatt di Kecamatan Lebong Selatan,” tambahnya.

Jika potensi yang ada saat ini sudah mulai beroperasi maka Lebong merupakan Daerah penghasil Listrik terbesar di Provinsi Bengkulu. Selain itu potensi ini juga dapat mendongkrak APBD Lebong.

“Panas Bumi mudah-mudahan tahun 2017 sudah mulai beroperasi. Dengan demikian, maka target Bapak Bupati jika tahun 2017 mendatang APBD Lebong diatas Rp 1 triliun dapat benar tercapai,” ujar Bambang.(spi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed