oleh

Lembak akan jadi Pusat Produksi Karet

ret

Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com – Wilayah Lembak, khususnya Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong, akan dijadikan pusat produksi karet kabupaten.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) kabupaten, Gunawan Sumantri, Senin (18/4/2016). Berdasarkan hasil analisa dan kajian dari tim tekhnis, tanah di wilayah Lembak sangat cocok untuk tanaman karet.

“Untuk hasil produksi juga sudah kita siapkan pemasarannya, karena pembeli diwilayah Rejang Lebong sendiri sebelumnya memang sudah banyak. Ditambah dengan kabupaten tetangga, bahkan luar provinsi,” kata Gunawan.

Gunawan menambahkan, melalui program bupati setempat yakni pemberian bibit gratis, pihaknya menyiapkan para petani mendapat bibit karet tersebut secara cuma-cuma. Anggaran yang disiapkan untuk kegiatan tersebut senilai Rp 900 juta.

“Namun, angka tersebut masih terbagi tiga, dengan pembagian bibit pala dan lada,” jelas Gunawan.

Selama ini, karet merupakan salah satu produksi Rejang Lebong yang tidak begitu tergarap dengan baik. Sebelumnya, komoditas utama Rejang Lebong adalah Kopi dan Kakao. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed