Minggu, November 27, 2022

Lima Ciri Muslim yang Cerdas Spiritual

Baca selanjutnya

suasana shlat Jumat
suasana shlat Jumat

kupasbengkulu.com – Ustadz RG. Guntur Alam  menyampaikan  lima ciri-ciri orang muslim yang cerdas secara rohani (spiritual).

Ciri pertama : Berorientasi pada kebaikan.
Kecerdasan emosi dan spiritual seorang muslim membuat hidupnya selalu berorientasi pada kebenaran. Kebenaran itu akan membibingnya kepada kebajikan, dan kebajikan akan mengarahkannya kepada kedamaian dan surga.
kebenaran yang ditunjukkan oleh muslim yang cerdas spiritual adalah kebenaran dalam berbicara, benar dalam janji, dan benar dalam keinginan (niat).
Rasulullah SAW bersabda,” Wajib bagimu untuk berlaku benar, karena kebenaran akan membimbingmu kepada kebajikan, dan kebajilan akan membawa kepada surga”.

Ciri kedua : Selalu berusaha memberi manfaat kebaikan dari apa yang dilakukan.
Pada dasarnya, setiap manusia itu senang terhadap kebaikan dan mereka telah mengenal kebaikan itu. Namun, meskipun manusia telah mengetahui/mengenal kebaikan , ternyata masih banyak orang yang belum mau mengerjakan kebaikan itu.
Orang yang cerdas spiritualnya akan sangat senang melakukan kebaikan, ia akan berkontribusi bahkan berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

Ciri ketiga: Senantiasa bersyukur atas kebahagiaan dan kenikmatan yang diperoleh.
Setiap muslim hendaknya menyadari bahwa setiap kebaikan yang diterimanya adalah anugerah dar Allah SWT.
Sikap yang menunjukka rasa syukur ini membuat mukmin tidak lupa diri segala kenikmatan yang diperoleh.

Allah berfirman dalam kitab suci Al-Quran surat Ibrahim ayat 7,”Jika kamu bersyukur, niscaya kami akan menambah nilmat kepadamu. Dan jika kamu ingkar/kufur, maka sesungguhnya azab-Ku amatlah pedih.”

Ciri keempat : Sabar atas segala musibah dan hal-hal tidak menyenangkan yang menimpa dirinya.
Kekuatan dan kecerdasan rohani membuat seorang mukmin tidak mudah putus asa. Sesulit apa pun keadaannya, ia tetap optimis untuk menghadapi hari esok yang lebih baik. Baginya, yang terpenting adalah melakukan usaha semaksimal mungkin dan bertawakal terhadap hasil yang diberikan Allah kepadanya.
Putus asa adalah satu sikap yang memberika dampak yang amat buruk. Putus asa membuat orang menjadi apatis, tidak memiliki semangat hidup, menghalalkan segala cara untuk mendapatka sesuatu, bahkan bisa bunuh diri.
Oleh karena itu, kesabaran merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mencapai kebaikan dan kebahagiaan hidup yang kita jalani.

Ciri kelima : memiliki rasa malu.
Malu yang dimaksud adalah malu untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak dibenarkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
Jika kita semua memiliki rasa malu seperti disebut di atas, maka tidak akan ada penyimpangan-penyimpangan di dalam kehidupan bermasyarakat.

Nasehat itu ia sampaikan dalam khutbah salat Jum’at (16/5/2014) di masjid Al-Farabi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. (cr2)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru