oleh

Mudik Curup-Bengkulu, Diwarnai Bunga Rafflesia Mekar

Rafflesia mekar
Rafflesia mekar

kupasbengkulu.com – Bila anda sedang dalam perjalanan dari Curup ke Kota Bengkulu atau sebaliknya, tidak ada salahnya untuk mampir di wilayah gunung, kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Soalnya, ada banyak bunga langka raksasa, Rafflesia Arnoldi yang sedang bermekaran.

Berdasarkan laporan bidang kehutanan setempat, wilayah hutan cagar alam Taba Penanjung merupakan habitat asli puspa raksasa Indonesia ini. Salah satu yang ditemukan oleh kupasbengkulu.com berada di Km 47, Taba Penanjung. Bila ingin melihatnya juga, hanya perlu mennggunakan sepeda motor atau mobil dari Kota Bengkulu dengan jarak sekitar 47 km. Biasanya, waktu yang ditempuh adalah sekitar 1 jam perjalanan.

Ditepian jalan, nanti anda akan menemukan beberapa warga yaang duduk, didekatnya ada spanduk buatan sendiri dengan tulisan tangan. Tulisannya adalah “Ada Rafflesia Mekar” atau semacamnya. Nah, diwilayah Km 47, kupasbengkulu.com bertemu dengan Roy, yang kemudian mengantarkan wartawan menuju ke lokasi Rafflesia yang sedang mekar.

Dari pinggir jalan, menuruni tebing dengan berpegangan pada akar raflesia itu sendiri. Sekitar 50 meter kebawah, mulai terlihat “sekuntum” Rafflesia yang sedang mekar sempurna. Dengan diameter sekitar 30 cm, anda sudah bisa melihat dengan jelas bagian tengah bunga yang terus menarik perhatian serangga ini.

“Ini hari ketiga bunga ini mekar, biasanya cuma seminggu,”jelas Roy.

Sementara itu, didekat spanduk, Ahmadi masih duduk menjaga bila ada pengendara yang masih ingin mampir dan menyaksikan bunga ini. Dengan biaya hanya Rp 5000, anda akan diantar oleh mereka sampai tujuan. Anggap saja, itu upah capek bagi mereka yang menjagakan bunga dan mengantarkan anda ke lokasi tersebut. Sebab, sejak berbentuk bonggol, bunga raflesia akan mendapatkan penjagaan dari masyarakat yang menemukan. Soalnya, bila tidak dijaga ketat, maka akan diganggu atau tersentuh oleh hewan-hewan sekitar.

“kalau begitu, biasanya tidak akan mekar lagi, jadi kita jaga,”pungkasnya. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed