oleh

Pengesahan APBD Molor, Perbaikan Jalan Seluma Ikut Tertunda

Dr. Ir. H. Herawansyah, M.Sc, MT
Dr. Ir. H. Herawansyah, M.Sc, MT

kupasbengkulu.com – Akibat tertundanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 di Kabupaten Seluma, mengakibatkan realisasi perbaikan jalan di daerah itu juga ikut tertunda. Meski demikian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Seluma, Dr. Ir. H. Herawansyah, M.Sc, MT meyakinkan, pekerjaan dan perbaikan ratusan ruas jalan di Seluma dapat rampung tahun ini.

Herawansyah mengatakan lambannya pengesahan anggaran bukan hanya terjadi tahun ini saja, tetapi terjadi juga ditahun-tahun sebelumnya. Karenanya, pada APBD Perubahan mendatang pihaknya akan mengusulkan percepatan, agar pada tahun 2015 realisasi pekerjaan lebih cepat dilaksanakan, terlebih tahun depan bertepatan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Belum dimulainnya realisasi fisik perbaikan ini disebabkan sistem penganggaran, karena APBD baru ketok palu bulan April. Sementara lelang dilakukan bulan April, karena kami tunggu anggaran dulu, Juni proses kontrak dan Juli ini atau seusai Pilpres kami akan mulai pekerjaan,” terang Herawansyah.

Untuk anggaran, Herawansyah menyebut ada Rp 110 miliar khusus untuk jalan maupun perbaikan jalan. Dari jumlah itu Rp 35 miliar untuk pengerjaan jalan hotmix, sisanya untuk pengerasan jalan dalam bentuk, burda, lapen, maupun rabat beton.

Anggaran Dinas PU Seluma tahun ini diakuinya lebih besar dari tahun 2013, karena pada tahun sebelumnya anggaran berkisar Rp 90 miliar. Sedangkan tahun ini anggaran untuk Bidang Bina Marga atau pekerjaan jalan Rp 110 miliar, anggaran untuk Bidang Cipta Karya Rp 10 miliar, sedangkan untuk Bidang Perairan juga Rp 10 miliar.

“Kami mengusulkan kepada Pemda Seluma agar pengesahan anggaran diusahakan jangan sampai terlambat, karena berdampak pada pekerjaan. Seperti tahun lalu lelang baru bisa dilakukan bulan Agustus. Rekanan juga tidak mau mengajukan penawaran, karena mereka takut pekerjaan tidak selesai sesuai kontrak, karena waktu pengerjaannya mepet,” pungkasnya.(beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed