oleh

Pertengahan Ramadhan, Harga Ikan Melambung

ikan di pasar

Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com-Memasuki pertengahan bulan Ramadhan Tahun 2016 ini, harga ikan di Kabupaten Rejanglebong mulai mengalami kenaikan harga cukup signifikan.

Kenaikan harga tersebut terjadi pada segala jenis ikan. Baik air tawar dan laut.

Hasi investigasi report menunjukan, jenis Ikan Mas misalnya, dari sebelumnya dihargai Rp 32 Ribu per-Kg. Saat ini sudah mencapai Rp 40 Ribu perkg. Jenis Ikan Nila dari Rp 25 Ribu, melambung menjadi Rp 30 Ribu per-Kg.

Kenaikan harga juga ditemui pada jenis Ikan Lele dan Ikan Gabus. Untuk Ikan Lele, saat ini dihargai Rp 30 Ribu per-Kg, dari sebelumnya Rp 25 Ribu. Sementara ikan Gabus harganya menembus angka Rp 80 Ribu per Kg.

Tidak hanya pada ikan tawar, kenaikan harga juga terjadi pada ikan laut. Komoditas Ikan Tongkol dan Ikan Sarden, yang sebelumnya berkisar diharga Rp 18 Ribu hingga Rp 20 Ribu, saat ini berada diangka Rp 24 Ribu.

Untuk jenis ikan laut, penyebabnya akibat cuaca dilaut. Alhasil, nelayan jarang melaut, sehingga jumlah tangkapan ikan berkurang.

Begitu juga komoditas ikan air tawar. Menurut Beni (25) salah seorang penjual ikan di Pasar Atas Curup, jumlah ikan yang masuk, lebih sedikit dari biasanya. Disaat seperti itu, jumlah permintaan terhadap ikan justru meningkat drastis. Hal itu yang membuat terjadinya fluktuasi pada harga ikan.

“Tetapi biasanya setiap bulan puasa, memang terjadi kenaikan harga pada ikan segala jenis,” kata Beni.

Untuk pemasok ikan air tawar terbesar ke Kabupaten Rejang Lebong, antara lain berasal dari Kota Lubuklinggau, Bengkulu Utara dan lokal. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 − eight =

News Feed