oleh

Pesantren Tebu Ireng akan Buka di Lembak

Pesantren Tebu Ireng akan Buka di Lembak
Pesantren Tebu Ireng. 

Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com– Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng yang berada di Jombang, Jawa Timur, rencananya juga akan dibangun juga di Sindang Beliti Ilir (SBI), Kabupaten Rejang Lebong.

Pembangunan pesantren yang didirikan oleh KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdatul Ulama ini, dibenarkan pengurus pengembangan kerjasama Pesantren dan Kelembagaan Ponpes Tebu Ireng, KH Imam Toha.

Pemkab Rejang Lebong melalui Kemenag Rejang Lebong, telah mendatangi KH Solahudin Wahid atau Gus Solah, terkait keinginan pembangunan Ponpes ini.

“Apalagi, terkait adanya kasus mendiang Yuyun, yang juga terdengar sampai ke Jombang. Sehingga kami tersentuh,” katanya, Jumat (20/5/2016).

KH Imam Toha dan para pengurus Ponpes sempat mengunjungi wilayah SBI, guna pengecekan lokasi. Selain itu, rombongan bersama wakil dari Pemkab Rejang Lebong dan Kemenag, juga membicarakan situasi sosial masyarakat Rejang Lebong saat ini.

“Rencananya, akan dibangun di Desa Air Kati, Kecamatan SBI, Rejang Lebong. Nantinya, yang kami tergetkan adalah pendidikan keagamaan bagi seluruh anak yang tidak mampu diseluruh Rejang Lebong,” jelas KH Imam Toha.

Informasinya, total lahan yang disiapkan di lokasi tersebut adalah seluas 10 Hektar. KH Imam Toha nantinya akan menjadi perintis dalam membangun basis pendidikan Ponpes tersebut, bekerja sama dengan Pemkab dan Kemenag Rejang Lebong.

KH Imam Toha masih belum memastikan, kapan akan dimulainya proses pendidikan tersebut. “Pembangunan saja akan memakan waktu lebih dari 6 bulan. Belum ditambah persiapan lainnya. Kita berharap dapat lebih cepat,” pungkasnya. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed