oleh

Prestasi Seluma di Bidang Pertanian Merosot

Petani Seluma
Petani Seluma

Seluma, kupasbengkulu.com – Prestasi Kabupaten Seluma di bidang pertanian kini merosot. Bupati Seluma, Bundra Jaya, mengatakan persoalan alih fungsi lahan yang terjadi di wilayah ini hendaknya tidak serta merta menyalahkan pihak petani.

“Sekarang ini (prestasi) merosot. Banyak irigasi tidak berfungsi sehingga sawah hanya mengandalkan air hujan. Sementara kita pun tidak bisa berbuat banyak karena anggaran terbatas,” ujar Bundra, selasa (26/04/2016).

Bundra mengaku sebelumnya Kabupaten Seluma telah dua kali berhasil meraih penghargaan swasembada beras di Provinsi Bengkulu. Hanya saja saat ini banyak irigasi rusak sehingga petani terpaksa melakukan alih fungsi lahan pertanian.

Di Kecamatan Sukaraja sendiri terdapat ribuan hektare sawah yang beralih fungsi dan berganti tanaman kelapa sawit.

“Kita berharap dari Kementerian Pertanian dapat membantu, kalau irigasi diperbaiki mudah-mudahan swasembada beras kembali kita raih,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Perlindungan Pangan Direktorat Kementerian Pertanian, Dwi Iswari, mengaku akan membantu petani dalam persoalan tersebut. Hanya saja dibutuhkan koordinasi antara SKPD terkait dan pihak Kodim 0425 Seluma.

“Kita berharap Seluma masih menjadi lumbung padi di Provinsi Bengkulu ini,” tandasnya. (sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed