oleh

Ratusan Warga Binaan Lapas Malabero Hijrah ke Bentiring

A. Yusparuddin
A. Yusparuddin

kupasbengkulu.com – Kepala Divisi Kemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bengkulu, A. Yusparuddin mengatakan, jika tidak ada halangan awal tahun 2015 mendatang, ratusan warga binaan atau Nara Pidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Malabero Bengkulu Hijrah (pindah,red) ke bangunan Lapas baru di Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

”Saat ini pembangunan terus berlanjut, dan kalau tidak ada halangan 2015 warga binaan di Lapas Malabero pindah ke bangunan lapas baru,” kata Yusparuddin, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/7/2014).

Pekerjaan pembangunan lapas, lanjut dia, bangunan 1 kantor, 1 klinik, 1 blok wanita telah rampung dikerjakan. Sementara, pembangunan yang masih berjalan, seperti rumah dinas,gereja, masjid, dapur, bengkel kerja, blok anak serta bangunan lainnya. Meskipun demikian, dari Kemenkumham, Optimis bisa menyelesaikan pembangunan tersebut hingga akhir tahun 2014 mendatang.

”Bangunan Lapas baru itu ada blok anak, blok wanita. Namun, blok nya terpisah-pisah,” jelas Yusparuddin.

Dalam pembangunan tersebut, terang dia, menelan dana Rp 51 miliar yang sebelumnya telah dianggarkan dalam APBN 2013 lalu. Selain itu, pembangunan tersebut diatas lahan seluas sekitar 5 Hektare (Ha). Namun, kata dia, secara keseluruhan lahan tidak dipergunakan untuk pembangunan. Ia menambahkan, daya tampung bangunan Lapas baru diperkirakan mencapai 900 napi.

”Tidak seluruh lahan digunakan untuk bangunan lapas. Bangunan baru ini juga dengan kapasitas 900 Napi,” terang dia.

Meskipun Lapas Malabero pindah ke Bentiring, jelas dia, status dan nama Lapas tetap sama, yakni Lapas Kelas IIA Bengkulu. Sementara, bangunan Lapas lama di Malabero nantinya akan dialihkan menjadi Rutan.

”Nama Lapas yang di Bentiring tetap sama, tapi lapas yang lama akan dijadikan Rutan,” pungkas Yusparuddin.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed