oleh

TNI Dukung Swasembada Pangan

Danrem 041
Danrem Bengkulu, Kol. Inf Andi Muhammad

Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com-Komandan Korem (Danrem) Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad menyatakan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendukung penuh kegiatan swasembada pangan di Indonesia, Kamis (2/6/2016).

Program utama yang akan dilaksanakan adalah program cetak sawah seluas 1.750 hektar (Ha).

“Hal ini dilakukan guna menopang pasokan beras yang ada di Provinsi Bengkulu, juga dari Rejang Lebong,” ujar Andi Muhammad.

Program Cetak sawah tersebut dilakukan atas dasar MoU Panglima TNI dengan Kementrian Pertanian Pusat. Bahkan, hal itu adalah program unggulan TNI, selain program TMMD.

“Seluruh wilayah Provinsi Bengkulu, akan dilaksanakan program cetak sawah baru, dengan total 1.750 Hektar.”

Saat ini, baru Kabupaten Kaur yang sudah melaksanakan cetak sawah, dengan total seluas 90 hektar. Selanjutnya, cetak sawah ini akan dilakukan di Kabupaten Rejang Lebong dan dikabupaten lainnya.

“Ditambah lagi sarana pendukung peningkatan kualitas mutu pangan tersebut, akan ditopang dengan perbaikan sejumlah irigasi di Rejang Lebong. Baik itu irigasi utama dan penopang,” katanya

Informasi terhimpun menyebutkan, Rejang Lebong mendapat jatah program cetak sawah baru mencapai total 300 Hektar. Sedangkan luas wilayah seluruh kabupaten tersebut adalah 151.570 Hektar. Secara teknis, pengerjaan program ini akan dilaksanakan oleh ZIDAM. Sebab, peralatan dan pasukkan yang dimiliki Zidam sangat memadai.

“Bila dari hasil kajian, baik itu dari unsur perguruan tinggi dan Dinas Pertanian dimasing-masing kabupaten menyatakan sumua lahan sudah siap, barulah dikerjakan oleh pasukkan ZIDAM,”  tegas Andi Muhammad. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed