Kamis, Desember 2, 2021

Warga 3 Kecamatan Tak Kantongi KTP-El

Baca selanjutnya

KTP-El
BELUM REKAM : Ribuan warga di 3 kecamatan Kota Bengkulu belum rekam KTP-El. Tampak, aktivtas pegawai Kecamatan Gading cempaka di ruang pembuatan KTP-El.

kupasbengkulu.com – Ribuan warga di 3 kecamatan di Kota Bengkulu, yakni Teluk Segara,   Gading Cempaka dan Singaran Pati belum merekam KTP- Elektronik (KTP-El) atau tak mengantongi KTP-El.

Untuk, di Kecamatan Teluk Segara, sekitar 6.290 warga dari 13 kelurahan belum rekam KTP-El. Dari target sekitar 21 ribu KTP-El. Sementara, untuk warga yang merekam KTP-El baru sebanyak 14.710.

”Dari 13 kelurahan disini (Teluk Segara,red) sekitar 6 ribu lebih warga belum merekam KTP-El dari target 21 ribu lebih. Kalau yang sudah rekam ada 14 ribu lebih,” kata Kasi Pelayanan Umum, Kecamatan Teluk Segara, Sri Hartati, SH, Kamis (9/1/2014).

Dikonfirmasi, Camat Teluk Segara, Khairul Saleh, SH mengatakan, masih banyaknya warga belum merekam KTP-El lantaran, di wilayahnya itu ada mahasiswa yang kuliah di luar Provinsi Bengkulu. Sehingga, belum merekam KTP-El.

”Untuk buat KTP-El, gratis. Ketetapan ini masih berlaku sampai sekarang. Jadi, warga sama sekali tidak ada di pungut biaya dalam pembuatan KTP-El di kantor kecamatan,” ujar Khairul.

Selain itu, sambung dia, dari kalangan nelayan dan buruh merasa tidak penting untuk merekam KTP-El tersebut. Alasan lainnya, masih ada KTP seumur hidup yang dikantongi orang tua terdahulu. Sehingga pembuatan KTP-El pun tidak dibuat kalangan orang tua.

”yang belum merekam KTP-El itu, dari kalangan mahasiswa di luar Bengkulu, nelayan, buruh dan orang tua,” jelas Khairul.

Kondisi serupa juga terjadi, di Kecamatan Singgaran Pati dan Gading Cempaka. Dari 11 kelurahan, yakni 6 kelurahan di Singaran Pati dan 5 kelurahan di Gading Cempaka yang masih bergabung, baru 43.629 warga rekam KTP-El. Sementara ribuan warga lainnya belum merekam.

”Kita masih gabung dengan Singgaran Pati, jadi kita belum dapat memastikan berapa jumlah riil yang belum rekam KTP-El ini. Kalau yang rekam sudah ada 43.629 dari 2 kecamatan,” imbuh Kasi Pelayanan Umum, Kecamatan Gading Cempaka, Yanti Asmi.

Sementara itu, saat ditanyakan dengan Sekcam Gading cempaka, JUnita Hartati, S.Sos, terkait masih ada warga belum rekam KTP-El. Ia menjelaskan, kesadaran warga dari 2 kecamatan masih kurang.

”Saya rasa tingkat kesadaran untuk memiliki KTP-El belum ada, makanya pembuatan belum dilakukan di Kantor Kecamatan kita,” demikian Junita.(Val)

Presiden RI Keluarkan Kebijakan Segera Belanjakan TKDD 2022

Kupas News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)...

Berikut Ini Motor “Offroad” Trail Terbaik Sepanjang 2021

Kupas News – Industri sepeda motor setiap tahunnya selalu mengembangkan berbagai inovasinya. Sudah pasti teknologi dan spesifikasi terkini yang diterapkan pada keluaran terbaru mereka....

Kemenaker RI akan Bangun UPTP di Bengkulu

Kupas News – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI akan membangun Balai Pelatihan Kerja (BLK) Pusat di Bengkulu. Hal ini merupakan program transformasi BLK menjadi Unit...

Polres Bengkulu Tangkap Pelaku Begal yang Terjadi di 3 Titik

Kupas News – Gabungan Opsnal Polres Bengkulu di back up anggota polsek Gading Cempaka dan anggota jatanras Polda Bengkulu melakukan penangkapan pelaku tindak pidana...

YPIB Dorong Integritas Semangat Gotong Royong dan Pendidikan Berkarakter

Kupas News - Revolusi mental merupakan salah satu cara kebijakan Pemerintahan Jokowi-Maaruf dalam mengusung visi besar Indonesia Maju. Melalui Kementerian PMK visi itu diterjemahkan...

Terbaru