oleh

Warga Binaan Lapas Sulap Limbah Jadi Karya Seni

k
Warga binaan berkreasi dari limbah tak berguna.

Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com – Meski sudah menjadi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), tidak berarti kreativitas seseorang terhenti dan tidak bisa berinovasi.

Di Lapas Kelas II A Curup misalnya, warga Lapas tetap diberi kesempatan untuk berkreasi dan menciptakan karya seni.
Dari Lapas Curup tampak beberapa warga binaan membuat patung hewan, miniatur dan lainnya dari limbah kertas.

Beberapa bentuk patung hewan seperti Singa, Anjing, Kucing, Kelinci dan miniatur mobil, motor dan lainnya menjadi koleksi bagi Lapas.

Salah seorang warga binaan Lapas, Guntur (28) mengaku diberi pelatihan sebelum akhirnya diberi kesempatan untuk berkreasi. Bahan pembuat karya tersebut, kata Guntur dibuat dari kertas koran dan limbah kertas lainnya yang sudah tidak digunakan lagi.

Limbah tersebut dimasukkan dalam air dan dihancurkan hingga menjadi seperti bubur. “Baru kemudian dibentuk, dicat dan dijemur agar keras dan terakhir dihaluskan,” jelasnya.

Kasi Binadik Lapas Curup, Agung Hascahyo menjelaskan, untuk sementara ini karya tersebut masih menjadi koleksi Lapas Curup. Selain digunakan untuk hiasan Lapas, juga bisa memanfaatkan waktu untuk berkreasi.

“Untuk sementara, kita memang masih untuk koleksi Lapas saja, kedepannya, kita akan coba untuk diproduksi dan dipasarkan,” kata Agung.

Penulis : Adhyra Irianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed