oleh

Wawali : Pemadam Kebakaran Harus Kedepankan Tindakan Preventif

Wakil Walikota Bengkulu, Ir Patriana Sosialinda bersama petugas pemadam kebakaran dalam rangka memperingati Hari Pemadam Kebakaran Nasional ke-95, di Kota Bengkulu.
Wakil Walikota Bengkulu, Ir Patriana Sosialinda bersama petugas pemadam kebakaran dalam rangka memperingati Hari Pemadam Kebakaran Nasional ke-95, di Kota Bengkulu.

kupasbengkulu.com – Memperingati Hari Pemadam Kebakaran Nasional ke-95 di Kota Bengkulu, digelar upacara di depan kantor Pemerintah Kota, tepat satu hari pasca insiden kebakaran di Jalan Halmahera, Kelurahan Surabaya, Kota Bengkulu. Upacara peringatan tersebut diikuti ratusan pasukan pemadam kebakaran, TNI, Polri, serta pelajar, Sabtu (01/03/2104)

Wakil Walikota Ir. Patriana Sosialinda, mengatakan bahwa paradigma pelayanan publik harus lebih memprioritaskan pelayanan dasar kepada masyarakat, diantaranya pencegahan dan penanggulangan kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif daripada responsif. Kegiatan preventif antara lain mitigasi, penyuluhan, inspeksi, penegakan hukum, kesiapsiagaan, serta pemberdayaan masyarakat dan dunia usaha.

“Kegiatan peningkatan pengembangan kapasitas institusi pemadam kebakaran harus dapat terfasilitasi secara optimal, baik dari sudut sistem, kelembagaan, sumber daya manusia, maupun manajemen kebakaran,” ujar Linda.

Disebutkannya, penguatan institusi pemadam kebakaran dalam pencapaian target standar pelayanan minimal harus dapat terakomodasi dalam perencanaan dan pengalokasian anggaran pembangunan daerah.

“Harus ada peningkatan kuantitas dan kualitas aparatur pemadam kebakaran yang memenuhi persyaratan kompetensi, terlebih aparatur antar daerah dalam pelayanan pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” katanya lagi.

Linda menambahkan perlunya partisipasi dunia usaha dan komunitas masyarakat dalam pengurangan resiko kebakaran. Dirinya mengingatkan kepada seluruh pihak untuk meningkatkan semangat dan kinerja, yang mana pemadam kebakaran memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas hidup yang bermuara pada pemantapan perekonomian bangsa.

“Kita harus support terus pasukan pemadam kebakaran. Semua masyarakat kota akan kita bekali melalui sosialisasi, bagaimana melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana, khususnya kebakaran. Mari kita selalu bekerja untuk kemajuan Kota Bengkulu yang kita cintai dengan semangat kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja tuntas,” tutupnya. (val/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed