Home » MUKOMUKO » Jalan Penghubung Malin Deman Nyaris Putus

Jalan Penghubung Malin Deman Nyaris Putus

by Firdaus Eka

Jalan Penghubung Malin Deman

Jalan Penghubung Malin Deman

kupasbengkulu.com –  Jalan penghubung Desa Talang Baru ke Desa Air Merah di Kecamatan Malin Deman, Mukomuko terancam putus tepatnya di tebing Bukit Tambun. Pasalnya, box culvert sebagai penahan jalan kembali retak dan amblas.  Kondisi ini ditambah dengan belum adanya upaya penimbunan terhadap jalan yang ambruk.

Menurut Subuh Asnaini, pemuda Desa Air Merah, memang kondisi jalan poros di tepi jalan sebelumnya sudah retak. Namun, belum ada sama sekali upaya pencegahan melebarnya dari box culvert dari pemerintah setempat.

‘’Jalan itu sudah retak kembali di bagian tepi jalan. Jika lamban ditangani tentunya jalan penghubung ini akan terputus,’’ kata Subuh, Senin, 9/12/2013.

Subuh menambahkan, jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan poros menuju 6 desa di Kecamatan Malin Deman.

Diduga penyebab kerusakan box culvert yang terjadi karena kendaraan pengangkut hasil pertanian yang melintas melebihi tonase. Sehingga kondisi jalan cepat ambruk. Ditambah lagi, saat ini Kecamatan Malin Deman masih kerap dilanda.

‘’Kalau tidak diperbaiki tentunya warga akan merasa dirugikan. Untuk itu kita sangat membutuhkan win-win solution dari pemerintah terkait perbaikan jalan itu,’’ terang Subuh.

Senada disampaikan, Abdul Roni, SE, proyek jalan di Bukit Tambun itu memang diakibatkan karena bencana. Pasalnya, sejak selesai dikerjakan belum lama ini, intensitas hujan sangat tinggi. Sehingga mengakibatkan air mengerus tanah dan membuat box culvert menjadi longsor kembali.

”Saya kira saat ini hanya kendaraan roda empat ukuran kecil saja yang bisa lewat. Untuk kendaraan kapasitas besar sudah tidak bisa lewat lagi,’’ demikian Roni.(gie)

You may also like

Leave a Comment