Home » MUKOMUKO » Kemarau, Ratusan Warga Ipuh Konsumsi Air Sungai

Kemarau, Ratusan Warga Ipuh Konsumsi Air Sungai

by Yasrizal

Warga memanfaatkan air sungai karena hujan tak kunjung turun

Warga memanfaatkan air sungai karena hujan tak kunjung turun

kupasbengkulu.com – Puluhan Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko mengalami kekeringan air sumur dalam dua pekan terakhir. Akibatnya, ratusan warga terpaksa Mandi, Cuci, Kakus (MCK) ke sungai di wilayah Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh.

Krisis air bersih yang melanda puluhan KK dialami warga dari 4 desa. Sehingga untuk mendapatkan air bersih mereka terpaksa turun ke sungai Batang Muwar setiap pagi dan sore hari.

”Yang ambil air di Sungai Batang Muwar itu, ada dari warga Medan Jaya, Tanjung Harapan, Pasar Ipuh, Pulai Payung. Pengambilan air sungai ada untuk di konsumsi, ada juga untuk mengisi bak mandi yang air sumur sudah kering,” kata Kades Medan Jaya Kecaamatan Ipuh, Aguswandi, Sabtu (15/3/2014).

Ia mengakui, air sumur rumahnya yang memiliki kedalaman sekitar 7 meter kekeringan. Hujan di Kecamatan Ipuh, lanjut Aguswandi, sudah tidak turun sejak beberapa beberapa hari terakhir, kendati ada beberapa kali hujan namun hanya sesaat, kemudian reda kembali. Untuk itu, Aguswandi berharap, agar musim kemarau ini segera berlalu, sehingga mereka sumur dapat berisi kembali.

”Sudah dua seminggu kami mandi dan cuci pakaian di Sungai. Walaupun airnya keruh dan kotor air tetap diambil warga untuk dibawa ke rumah,” demikian Aguswandi.(gie)

You may also like

Leave a Comment