oleh

LIPI Ajarkan Peternak Membuat Pakan Alternatif

Curup, kupasbengkulu.com – Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Rejang Lebong, Amrul Eby menyatakan kedatangan Lembaga Ilmu Pendidikan Indonesia (LIPI) ke tanah Rejang Lebong memberikan banyak pengaruh signifikan pada peternakan kabupaten ini.

Teranyar, inovasi dari LIPI terkait temuan pakan ternak alternative yang dapat meningkatkan produksi ternak Rejang Lebong.

“Bahan-bahannya juga mudah didapat, sehingga bisa mengurangi biaya pakan ternak,”ungkap ebi.

Bahan-bahan untuk dijadikan pakan alternative bagi ternak berasal dari daun jagung, dedak padi, batang jagung, daun lamtoro, jagung halus, kulit biji kopi dan lain-lain. Ebi menjelaskan, cara-cara membuat pakan ternak tersebut tinggal mengolah bahan-bahannya.

“Cara mengolahnya juga mudah diingat, sehingga beisa langsung diterapkan,”lanjut ebi.

Kelompok ternak di Rejang Lebong juga bisa mengikuti pelatihan pembuatan pangan ternak dari LIPI ini secara gratis. Lokasi pelatihan dipusatkan di dua tempat, yakni di Balai Benih Ikan (BBI) kelurahan Tempel Rejo dan di Desa Air meles bawah kecamatan Curupo timur.

“Pelatihan ini sendiri diikuti oleh perwakilan dari seluruh kelompok tani (Poktan) diseluruh Rejang Lebong,”pungkas Ebi. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed