Home » BENGKULU » Paripurna Istimewa HUT Kota Bengkulu ke-295

Paripurna Istimewa HUT Kota Bengkulu ke-295

by Yasrizal

SONY DSC

kupasbengkulu.com – DPRD Kota Bengkulu jam 09.00 WIB hari ini, Senin (17/3/2014) menggelar Rapat Paripurna Istimewa ke-2 Masa Sidang ke-I Tahun Sidang 2014, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bengkulu ke-295 tahun 2014.

Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota, Sawaluddin Simbolon, S.Sos, dan didampingi Wakil Ketua I, Irman Sawiran, SE, Wakil Ketua II Shandy Bernando, ST beserta anggota dewan lainnya.

Dalam kesempatannya, Ketua DPRD Kota mengungkapkan dari tahun ke tahun Kota Bengkulu mengalami kemajuan. Untuk mencapai kemajuan yang lebih pesat masyarakat diimbau untuk mendukung program-program pemerintah.

“Saya selaku pihak legeslatif memohon kepada Pemerintah Kota Bengkulu menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kami juga mengimbau masyarakat Kota Bengkulu untuk mendukung program-program Pemerintah Kota, karena tanpa dukungan masyarakat program tersebut tidak akan berjalan dengan baik,” papar Sawaluddin.

Rapat tersebut juga dihadiri Walikota Bengkulu, H.Helmi Hasan, SE, Wakil Walikota, Ir.Patriana Sosialinda, Gubernur Bengkulu, H.Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd yang diwakilkan Asisten I Pemda Provinsi Bengkulu Ir.Edi Waluyo, MM, Anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Bambang Soeroso, Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kota Bengkulu, Drs. S. Effendi, MS, serta seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota, termasuk para Bupati.

Sejarah terbentuknya Kota Bengkulu melalui beberapa tahapan yang dimulai dari sebuah kota kecil yang merupakan bagian dari Sumatera Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 06 tahun 1956. Kemudian berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 01 tahun 1999 tentang Hari Jadi dan Motto Kotamadya Bengkulu Daerah Tingkat II Bengkulu, menetapkan tanggal 17 Maret 1719 sebagai hari jadi Kotamadya Bengkulu, yang diambil dari peristiwa penyerbuan rakyat terhadap Benteng Marlborough.

Secara geografis Kota Bengkulu mempunyai luas wilayah 539,3 hektare yang terdiri dari daratan seluas 151,70 Km2 dan luatan seluas 387,6 Km2 dan berada diantara 102o 14’ – 102o 22’ Bujur Timur dan 3o 45’ – 3o 59’ Lintang Selatan.

Pada awalnya Kota Bengkulu hanya memiliki 2 kecamatan dan 38 kelurahan. Seiring dengan kemajuan dan perkembanganny, sat ini Kota Bengkulu telah berkembang menjadi 9 kecamatan dan 67 kelurahan. Jumlah penduduknya pun sebanyak 345.768 jiwa, yang terdiri dari 176.666 jiwa laki-laki dan 169.102 jiwa perempuan.

Sebagai ibukota Provinsi Bengkulu, maka Kota Bengkulu memiliki beban moril yang cukup besar karena merupakan cerminan Provinsi Bengkulu dan harus berperang sebagai motivator maupun inspirator bagi kabupaten lainnya dalam melaksanakan pembangunan dalam segala bidang. Dapat dilihat Kota Bengkulu telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata untuk sekolah berwawasan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Usai rapat paripurna acara dilanjutkan dengan makan jambar nasi kunyit bersama dan pertujukan kemampuan silat antara Bupati, tokoh agama dan tokoh adat. (beb/adv)

You may also like

Leave a Comment