oleh

1.118 Warga Terserang ISPA, 530 Malaria

kupasbengkulu.com – Kepala Puskesmas Perawatan Ipuh, dr. Yuliarti Yustini mengatakan, sebanyak 1.118 warga terserang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Selain itu, 530 warga terserang malaria terdiri malaria klinis 440 orang dan 90 orang positif malaria. Angka tersebut terhitung sejak awal Januari – November, dari warga 3 kecamatan di Kabupaten Mukomuko, yakni Kecamatan Ipuh, Malin Deman dan Sungai Rumbai.

”11 bulan terakhir warga 3 kecamatan yang terserang ISPA sebanyak 1.118 warga dan 440 terserang malaria klinis dan postif malaria setelah uji laboratorium 90 orang,” kata Kepala Puskesmas Ipuh, dr. Yuliarti Yustini, Rabu, (18/12/2013).

Ia mengatakan, untuk penyakit ISPA, malaria klinis dan positif malaria dialami oleh semua umur. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Meskipun demikian, dari puskesmas perawatan Ipuh sendiri telah memberikan penanganan medis untuk para pasien.

”Penyakit ISPA terjadi karena pengaruh pergantian musim (Pancaroba,red). Salah satu penyebab lainnya adanya cuaca ekstrem­ membuat potensi penyakit tersebut mendominasi menyerang warga,” jelas Yuliarti.

Ia menambahkan, kedua penyakit ini biasa menyerang desa di saat musim Pancaroba. Kepedulian terhadap lingkungan juga salah satu penyebab munculnya kedua penyakit tersebut. (gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed