oleh

Cakades Gugur, Beberapa Desa di Rejang Lebong ‘Memanas’

pilkades
Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com-Beberapa desa di Rejang Lebong, diantaranya Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Padang Ulak Tanding ‘memanas’, jelang gelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 14 Juli 2016 mendatang.

Informasinya salah satu penyebabnya, lantaran ada Bakal Calon Kepala Desa yang gugur, akibat persyaratan belum lengkap. Ditambah lagi ada lima Balon Kades di Desa Tebat Tenong Luar juga melakukan boikot.

Hal itu menyebabkan panitia dari desa-desa menyambangi Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, untuk penyelesaian masalah. Hal itu juga dibenarkan Camat Padang Ulak Tanding, Basuki yang mendampingi panitia desa di wilayahnya.

“Benar, kedatangan panitia menghadap bupati, lantaran persoalan Pilkades,” katanya.

Masalah yang timbul, terkait pendanaan yang sudah disepakati. Sebelumnya, terkait soal pendanaan jalannya Pilkades disetiap desa, ditanggulangi oleh setiap Cakades, dengan nominal Rp 30 Juta perorang.

“Namun, satu dari dua peserta yang berkasnya dinyatakan lengkap, terkesan menghindar dan mau lari dari kesepakatan awal,” terang Rizal, seorang perwakilan dari Desa Hujan Panas, Padang Ulak Tanding.

Sementara itu, Bupati Hijazi menegaskan, agar masalah ini dapat segera diselesaikan. Dirinya juga meminta berkas penerimaan itu modal awal, sebagai bukti panitia sudah menerima berkas calon, apabila masih ada kekurangan syarat. Saat itu juga diberi tenggat waktu sembilan hari masa perbaikan.

“Kesepakatan pendanaan itu memang sudah menjadi kesepakatan bersama dan tertulis. Maka uang yang disepakati wajib diserahkan. Bila ada yang tidak menyerahkan, maka akan dinyatakan gugur,” pungkas Hijazi. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 + 7 =

News Feed