Kamis, Mei 30, 2024

Datangi Pemkab, Ratusan Warga Tuntut Lahan Dikembalikan

Ratusan warga yang mendatangi Pemkab Seluma, Kamis (6/2/2014), menuntut pengembalian tanahnya yang diduga dicaplok perusahaan perkebunan.
Ratusan warga yang mendatangi Pemkab Seluma, Kamis (6/2/2014), menuntut pengembalian tanahnya yang diduga dicaplok perusahaan perkebunan.

kupasbengkulu.com – Tidak kurang 400 masyarakat petani dari 14 desa di Kabupaten Seluma berunjuk rasa di kantor Pemerintah setempat pada, Kamis (6/2/2014).

Ratusan warga tersebut mendesak agar pemerintah memberikan keadilan agar tanah mereka yang dicaplok oleh salah satu perusahaan perkebunan dapat dikembalikan.

Dalam aksi damai ini, masyarakat dan LSM menyampaikan empat tuntutan, pertama meminta 20 persen Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan sebagai kawasan plasma masyarakat.

Kedua, meminta agar dilakukan ukur ulang kawasan HGU karena diduga melebihi, ketiga kembalikan tanah warga yang dirampas, dan terakhir tegakkan keadilan atas penembakan Junaidi (21) Warga Pasar Seluma yang tewas dengan sembilan luka tembakan oleh polisi.

“Hasil pertemuan antara perwakilan warga dan pemerintah didapat bahwa Pemda Seluma telah membentuk panitia penyelesaian sengketa tersebut,” ujar Riki. S. Akbar salah seorang peserta aksi.(kps)

Related

Rombongan Gubernur Rohidin Laksanakan Sholat Idhul Adha di Alun-alun Kota Tais

Kupas News, Seluma - Gubernur Rohidin Mersyah beserta istri...

PT. FBA Masih Beroperasi, Ibu-ibu di Seluma Kembali Melakukan Aksi

Kupas News, Seluma – Sudah tak terhitung berapa jumlah...

Pengedar Samcodin di Seluma Ditangkap Polisi

Kupas News, Seluma - Tim Unit Tipidter Sat Reskrim...

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Polisi Beberkan Kronologi Kasus Kakak Bunuh Adik di Seluma

Kupas News, Seluma – Setelah sebelumnya Tim Gabungan Satreskrim...