Selasa, Maret 5, 2024

DD Terealiasi 100 Persen, Desa Lubuk Gung Sukses Bangun Sumur Bor hingga Rabat Beton

DD Terealiasi 100 Persen, Desa Lubuk Gung Sukses Bangun Sumur Bor hingga Rabat Beton

Thu, 12/28/2023 – 17:06

Jalan Rabat Beton Desa Lubuk Gung untuk mendukung produktifitas pertanian, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Desa Lubuk Gung, Kabupaten Kaur sukses merealisasikan 100 persen Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023. Berbagai program pembangunan tuntas dikerjakan diantaranya pembuatan Sumur Bor dan Tower Bak Penampung Air Bersih hingga Jalan Rabat Beton.

Kepala Desa Lubuk Gung, Erlan Jayadi mengatakan, ada 2 unit Sumur Bor yang dibangun, pertama di belakang pemukiman warga yang kekurangan akses air bersih dan titik kedua dibangun di dekat Pasar Mingguan Desa Lubuk Gung. Bangunan Sumur Bor juga dilengkapi dengan Tower Bak Penampungan Air Bersih.

“Sumur Bor sengaja kami bangun di dekat pasar untuk memudahkan pedagang dan pengunjung pasar mengambil air bersih“ kata Erlan Jayadi, Kamis, (28/12/2023). 

Dengan dibangunya Sumur Bor, Erlan berharap masalah pasokan dan pemerataan air bersih yang selama ini dialami warga bisa teratasi. “Proyek-proyek yang kami bangun tidak hanya sekadar pembangunan fisik tetapi juga memberikan dampak langsung pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Erlan.

Salah seorang pedagang, Murni menuturkan, dengan adanya sumur bor di dekat pasar ia merasa terbantu karena air bersih mudah didapat. Selama ini pedagnag pasar terkendala air bersih untuk mencuci barang dagangan seperti sayuran yang langsung datang dari petani.

“Khususnya kami pedagang sangat terbantu, kami ini sering mengambil air untuk mencuci barang dagangan kami seperti sayuran dari kebun dan mencuci perabotan penjual makanan” kata Murni. 

Selain infrastruktur air bersih, Desa Lubuk Gung juga membangun jalan rabat beton untuk mendukung produktifitas pertanian. Pembangunan jalan tersebut bersumber dari tambahan dana yang diperoleh pemerintah desa Lubuk Gung di Tahun 2023.   .

“Dana itu kami peroleh sendiri atas kinerja kami dan kami sepakati untuk dibangunkan jalan rabat beton untuk mendukung produksi pertanian. Alhamdulillah semuanya sudah selesai” kata Erlan. 

Selain untuk program pembangunan fisik, realisasi Dana Desa Lubuk Gung juga digunakan untuk peningkatan kesjahteraan dan peningkatan perekonomi masyarakat. Seluruh program kegiatan dilakukan dengan melibatkan partisipasi aktif dari warga desa.

“Pencapaian ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi masyarakat kami tetapi juga bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain. Kami telah membuktikan bahwa dengan manajemen dana desa yang baik, kerja keras, dan partisipasi aktif warga pembangunan dapat berjalan dengan baik” kata Erlan.

Reporter: Miko Apriansyah

Desa Kita 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...