Minggu, Mei 29, 2022

Guru Suku Anak Dalam Ini Raih Penghargaan Magsaysay

Baca selanjutnya

Butet Manurung saat mengajari suku anak dalam membaca dan menulis, sumber foto: istimewa
Butet Manurung saat mengajari suku anak dalam membaca dan menulis, sumber foto: istimewa

kupasbengkulu.com – Antropolog Saur Marlina Manurung (42) atau akrab dikenal Butet Manurung kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Magsaysay atau hadiah nobel bagi komunitas Asia.

Butet Manurung mendapatkan penghargaan ini karena kegigihannya dalam melindungi kehidupan penghuni hutan Indonesia dan mendirikan sekolah rimba.

Dalam pengabdiannya ia memberikan pendidikan bagi 10.000 anak-anak dan orang dewasa anggota suku Anak Dalam di hutan Bukit Duabelas, Jambi.

Butet memilih meninggalkan gemerlap kota sejak 1999 untuk memberikan pendidikan bagi warga suku Anak Dalam di pedalaman Provinsi Jambi. Di sana, Butet harus berjalan kaki menembus hutan belantara untuk menemui kelompok-kelompok masyarakat untuk menawarkan pendidikan.

Upaya Butet ini tak selalu mendapatkan sambutan, tak jarang warga pedalaman menolak tawaran pendidikan baca tulis yang disampaikan perempuan kelahiran Jakarta itu.

Sebelumnya, Butet juga pernah menerima penghargaan “Man and Biospher dari UNESCO dan LIPI pada 2001 dan menjadi salah satu Pahlawan versi majalah Time pada 2004.

Penghargaan Ramon Magsaysay, yang namanya diambil dari nama presiden Filipina yang tewas dalam kecelakaan pesawat terbang, mulai diberikan pada 1957.

Penghargaan ini diberikan untuk individu atau kelompok yang dianggap memberi perubahan terhadap komunitas masyarakat di sekitarnya. Butet dan para pemenang penghargaan Magsaysay lainnya akan menerima hadiah ini di Manila pada 31 Agustus mendatang.

sumber: kompas.com

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru