Beranda HUKUM DAN PERISTIWA Irigasi Kembali Amblas, Ratusan Hektare Sawah Terancam

Irigasi Kembali Amblas, Ratusan Hektare Sawah Terancam

0
Irigasi amblas Seluma
Irigasi amblas Seluma

Seluma, kupasbengkulu.com – Saluran Irigasi DI Seluma Kiri dikawasan Desa Tanjungan Kecamatan Seluma Selatan kembali amblas pasca diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat beberapa waktu lalu.

Ambalasnya saluran irigasi diduga karena rembesan air pada lantai irigasi yang menyebabkan pondasi irigasi retak dan ambalas sehingga mengancam ratusan hektare sawah didaerah itu kekeringan.

“Ambalas sejak senin malam sekarang sudah semakin menghawatirkan,” kata ketua Forum Petani Kecamatan Seluma Selatan Supardi selasa (14/02/2017).

Sementara itu, Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) kabupaten Seluma Atim Handoko menyebutkan telah melaporkan kejadian tersebut ke pihak Balai Pengairan dan akan segera ditindak lanjuti.

“Itu wewenang balai, tapi sudah kita laporkan dan akan segera ditindak lanjuti,” sampainya.

Kata dia, kerusakan irigasi sepanjang 50 meter akan segera ditanggulangi oleh pihak balai secepat mungkin karena sudah beberapa kali dilaporakan oleh petani didaerah itu.

“Hari ini pihak balai akan cek langsung dan akan segera ditanggulangi,” tandasnya.

Diketahui, sebelumnya telah terjadi tiga kali amblas dilokasi irigasi yang sama namun masyarakat telah melakukan upaya perbaikan secara swadaya namun saluran tersebut kembali ambalas hingga mengancam jembatan penghubung dua kecamatan didaerah itu.(sep)