Senin, Februari 6, 2023

Kepala DLK Bengkulu Selatan Penuhi Panggilan Komisi II

Baca selanjutnya

Kupas News – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bengkulu Selatan (BS) Novianto memenuhi panggilan anggota Komisi II DPRD Bengkulu Selatan, Selasa (20/04).

Pemanggilan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan BS terkait keluhan warga kelompok nelayan penerima bantuan perahu dan alat tangkap ikan. Seperti, bantuan mesin perahu tempel yang diterima terkesan dipaksakan sehingga tidak bisa dimanfaatkan.

Anggota Komisi II Riko Ferdiansyah mengatakan perencanaan terkesan dipaksakan. Ia menganalogikan kekuatan mesin perahu berukuran panjang 11 meter tidak mungkin di dorong dengan kapasitas mesin 25 PK, sehingga beban yang diangkat sangatlah tidak sesuai.

“Bagaimana mungkin kapasitas mesin 25PK mampu mendorong, sementara beban perahu berukuran panjang 11 meter. Ini yang membuat warga kelompok nelayan protes terhadap pengadaan ini,” tanya Riko.

Menanggapi hal tersebut Novianto mengakui ada kesalahan pada kaki mesin tempel. Ia menjelaskan, mesin tempel yang dipesan harusnya kaki panjang akan tetapi yang sampai kaki pendek. Sehingga tekanan baling-baling kapal tidak maksimal saat mengangkat beban perahu.

“Permasalahan ini sudah diatasi dengan menambah kaki baling-baling mesin. Sekarang untuk di Pino Raya sudah dapat digunakan,” sampai Novianto.

Soal perencanaan terkesan dipaksakan tersebut, ia menegaskan bahwa semua sudah diatur oleh pihak kementerian, bukan dipaksakan. Namun hanya karena keterbatasan anggaran membuat DLK Bengkulu Selatan harus menyesuaikan jumlah kebutuhan lainnya.

“Semua sudah diatur Kementerian. Bukan dipaksakan seperti apa yang disampaikan, namun karena keterbatasan anggaran maka pihak DLK menyesuaikan dengan jumlah kebutuhan lainnya,” bantah Kadis.

Sementara, Kabid Perikanan Tangkap Syaipul menuturkan, bahwa pihaknya selalu ikuti permintaan para nelayan seiring dengan perkembangan jaman.

“Awalnya pernah digunakan mesin 40 PK, akan tetapi dengan perahu yang terbuat dari viber ini, menurut nelayan kecepatannya sangat terlalu tinggi sehingga membahayakan pengguna (nelayan), lalu digunakanlah mesin 25 PK,” tandasnya. (Adv)

Editor: Irfan Arief

6 Boneka Lucu untuk Anak

Kupas Bengkulu - Boneka merupakan salah satu mainan favorit anak-anak. Selain menjadi teman bermain, boneka juga dapat menstimulus kemampuan dan kreativitas si kecil. Nah, bagi...

Gubernur Rohidin Besuk Rahiman Dani Korban Penembakan OTD

Kupas News, Kota Bengkulu - Kondisi terkini korban penembakan Rahiman Dani dikabarkan sehat dan membaik. Saat ini korban penembakan orang tak dikenal (OTD) itu...

Ini Pengakuan Ibu Kades Pemeran Video Seks yang Tersebar di Kaur

Kupas News, Kaur - Kades Desa Sinar Mulya, Kabupaten Kaur mengakui kalau dalam video mesum yang beredar luas di tengah masyarakat adalah dirinya. Pengakuan...

Video Call Mesum Oknum Kades di Kaur Tersebar Luas

Kupas News, Kaur - Masyarakat di Kabupaten Kaur dihebohkan dengan beredarnya video mesum yang diduga diperankan salah seorang kepala desa perempuan di Kecamatan Maje,...

Polsek Mukomuko Selatan Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Kurang Mampu 

Aparat kepolisian saat memberikan bantuan sosial berupa beras kepada salah satu warga yang kurang mampu di wilayah hukum Polsek Mukomuko Selatan, Rabu, 1 Februari...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru