Minggu, Mei 22, 2022
Array

Ketika Anisa Bahar Bertemu Antasari Azhar

Baca selanjutnya

Nugroho Tri Putra
Nugroho Tri Putra

Oleh: Nugroho Tri Putra*)

Siapa yang tidak mengenal Anisa Bahar? Seorang penyanyi dangdut ternama, dan siapa pula yang tidak mengenal Antasari Azhar? Mantan ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Secara tidak sengaja, penulis kamis siang (1/5) menonton salah satu tayangan infotainment di salah satu TV swasta nasional Trans TV, dalam berita itu jurnalis infotainment mengangkat berita konser dangdut Anisa Bahar di Lapas kelas I Tangerang yang didalamnya terdapat mantan ketua KPK Antasari Azhar.

Ada hal yang menarik menurut penulis dari pemberitaan infotainment tersebut. Pertama, fokus berita. Kedua, pernyataan Antasari Azhar. Dalam perspektif ilmu jurnalistik, salah satu yang menarik jurnalis dan menjadi nilai berita dapat dilihat dari narasumber, yakni selain kredibilitas tetapi juga orang terkenal seperti publik figur. Dalam pemberitaan tersebut yang menjadi konsumsi para media massa adalah sosok Antasari Azhar yang pernah menjabat sebagai Ketua KPK.

Ini yang menjadi fokus menarik bagi jurnalis yang meliput saat itu bahwa liputannya bernilai berita. Selain itu juga adanya penyataan Antasari Azhar yang mungkin mengungkap yang selama ini tidak diketahui banyak orang. “Anisa Bahar dan anaknya, beserta keponakan saya ini, masih ada garis keluarga dari Ibu saya,” ujar Antasari Azhar dihadapan jurnalis yang meliput saat itu. Lalu, apa kepentingan penyanyi dangdut Anisa Bahar disandingkan dengan Antasari Azhar?

Penulis berasumsi bahwa ini tidak hanya bagian dari seremoni konser dangdut Anisa Bahar yang terkenal dengan goyang patah-patah itu. Bisa dikatakan relatif jarang sekali seorang penyanyi dangdut disandingkan dengan mantan pejabat publik dalam suatu pemberitaan infotainment.

Menarik untuk dikaji dalam perspektif dunia hiburan. Mengingat belakangan ini banyak sekali artis-artis di Indonesia yang muncul di program infotainment tayangan televisi bukan karena berbagai prestasinya di dunia hiburan, tetapi karena kecenderungan hal yang dianggap negatif yang terjadi pada artis, seperti perceraian, polemik perseteruan antar artis dan lain sebagainya.

Anisa Bahar artis dangdut yang belakangan sudah jarang terlihat di layar televisi tiba-tiba kembali muncul di layar televisi, sedikit mengejutkan sekaligus “mengagumkan” ketika saat itu Anisa Bahar tampak akrab dengan Antasari Azhar, bahkan infotainment merekam keakraban mereka berdua. Dalam beberapa frame Antasari Azhar juga terlihat bergoyang dangdut. Dalam sesi wawancara pada infotainment tersebut yang dipandu oleh Anisa Bahar, Anisa Bahar mewawancarai Antasari Azhar yang mengungkapkan bahwa Antasari Azhar ternyata juga termasuk penggemar musik dangdut.

Dalam perspektif dunia hiburan, artis akan menjadi sorotan oleh media massa jika mereka tidak hanya menjadi artis yang biasa, tetapi lebih dari itu, lebih menarik terkenal karena sesuatu. Jika di dunia dangdut bisa jadi karena goyangannya, konflik rumah tangga yang sedang menerpa, atau hal-hal lain yang dianggap tidak biasa, bahkan bisa jadi semakin terkenal karena kedekatannya dengan para politisi dan pejabat publik.

Dunia hiburan terkhusus dangdut akhir-akhir ini semakin banyak disorot oleh publik. Mayoritas karena konflik yang sedang banyak dialami oleh para artis tanah air. Selain itu juga, karena semakin banyaknya program-program infotainment di televisi, sehingga penonton “dicekoki” tontonan-tontonan yang terkadang bukan ranah informasi yang layak untuk diketahui publik, seperti berita proses perceraian artis dan berita tentang reputasi keburukan artis lainnya.

Artis-artis di tanah air menjadi mangsa tersendiri bagi para jurnalis infotainment. Tanpa mereka, entah berita apa yang akan mengisi program infotainment mereka. Sebalikya, tanpa infotainment siapa yang akan mempopulerkan para artis hingga terkenal.

Bagaimana dengan penyanyi dangdut Anisa Bahar? Inilah namanya dunia hiburan, jika penontonnya tidak merasa terhibur, itu berarti bukan tayangan hiburan. Jurnalis infotainment berhasil mengemas berita dengan perpaduan informasi yang menarik. Menggugah rasa keingintahuan penonton, hingga menimbulkan pertanyaan.

Mungkinkah Anisa Bahar mendompleng popularitas melalui Antasari Azhar?? Hanya Anisa Bahar yang tahu. Semoga polularitasnya ke depan tidak patah-patah seperti goyangannya.(***)

*)Penulis: Mantan Jurnalis Tv.

Mantan Menakertrans Fahmi Idris Tutup Usia

Kupas News, Jakarta - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu 22 Mei 2022. Kepastian meninggalnya Fahmi...

Maraknya Konflik Agraria, Dempo Xler Menilai Hukum Tidak tegak

Kupas News, Bengkulu – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler turut bersikap atas maraknya konflik agraria yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu....

Ketua Dewan Supriyanto Dampingi Helmi Hasan Terima Penghargaan WTP dari BPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan...

ARGA Gelar Halal Bihalal Bertajuk Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri

Kupas News, Mukomuko – Aliansi Remaja Gemar Aktifitas (ARGA), Kamis (19/05) menggelar acara Halal Bihalal dan Silaturahmi bertajuk “Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri” di...

Sera dan Joan Bakal Jadi Kado Spesial JMSI di HUT Kabupaten Seluma

Kupas News, Seluma - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Seluma yang ke-19, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma mempersembahkan kado Spesial...

Terbaru