Minggu, Juli 3, 2022

Megah, Unik, dan Bernuansa Islami Ada di Gedung ini

Baca selanjutnya

Kantor Bupati Kepahiang

kupasbengkulu.com – Dibalik kemegahan dan keunikan bangunan kantor Bupati dan DPRD Kepahiang yang telah menyita perhatian publik secara nasional, memiliki banyak arti yang pastinya belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Dimulai dari kubah, pilar-pilar bergaya eropa dan etnik Rejang, mencerminkan tentang pernak pernik kehidupan masyarakat di Kepahiang seutuhnya.

Dimulai dari bagian kubah yang menjadi ciri khas atau sisi menarik dari bangunan ini, menunjukkan tentang ketakwaan masyarakatnya terhadap sang penguasa alam. Kemudian pilar-pilar tinggi yang dipadu dengan etnik Rejang, mencerminkan pemerintahan setempat dalam mengajak masyarakatnya untuk berpikir maju tanpa harus meninggalkan adat istiadat yang telah dimiliki selama ini.

Sedangkan soal penggabungan kantor bupati dengan kantor DPRD, tidak lain untuk mencermikan kebersamaan antara pemerintah atau eksekutif dengan pihak legislatif dalam hal pembangunan daerah.

“Disamping itu, sang arsitek (Bando Amin C Kader,red) juga ingin menjadikan gedung ini tampak lebih megah dan indah dipandang,” sampai Kabag Humas dan Protokoler Setda Kepahiang, Hairah Aryani, melalui Kasubag Pengumpulan Data dan Informasi, Oktriana Putra.

Pembangunan gedung yang megah dan unik ini sendiri, memakan waktu yang cukup panjang yakni selama 3 tahun. Persisnya pembangunan dimulai dari tahun 2005. Setelah itu dilanjutkan kembali pada tahun 2006, dimana kondisinya telah mencapai sekitar 60 sampai 70 persen.

Berkat dukungan dari semua pihak, termasuk diantaranya dari masyarakat, pembangunan gedung yang disebut-sebut keunikannya masuk dalam 10 besar ditingkat nasional, akhirnya dirampungkan pada tahun 2007.

“Kita semua patut bangga dengan gelar yang disematkan pada gedung ini,” demikian Oktriana.

Perlu diketahui, Kabupaten Kepahiang dimekarkan dari kabupaten induk Rejang Lebong (RL) pada tanggal 7 Januari 2004, sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 39 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang di Provinsi Bengkulu.(cr11)

Minat Investor Tidak Berpengaruh Saat Bitcoin Turun

JAKARTA - Turunnya harga aset kripto saat ini tak mempengaruhi minat investor untuk melakukan investasi kripto ini. Bahkan jumlah investor kripto terus tumbuh pada...

Benturan Keras Sebabkan Tewasnya Pelajar di Bendungan Nakai

Kupas News, Bengkulu Utara - Salah seorang pelajar tewas tenggelam saat mandi di Bendungan Sungai Air Nakai Desa Batu Raja, Bengkulu Utara, Kamis, (30/06)...

Polres Bengkulu Utara Berhasil Tangkap Pemuda TO Kasus Narkoba

Kupas News, Bengkulu Utara - Satres Narkoba Polres Bengkulu Utara kembali ungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I yang diduga jenis sabu-sabu di...

Rosjonsyah Minta Pemerintah Desa Miliki Skala Prioritas

Kupas News, Kota BengkuluĀ - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah membuka acara peningkatan kapasitas kepala Desa dan ketua BPD se Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan...

Rakor Gubernur se-Sumatera 2022 Soroti Harga Sawit

  Kupas News, Pekanbaru - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang hadir pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatra 2022 menyoroti persoalan harga kelapa sawit yang...

Terbaru