oleh

Peta Terbaru Peluang Siapa Menjadi Presiden….

sumber foto: merdeka.com
sumber foto: merdeka.com

kupasbengkulu.com – Hasil  lembaga survei Indo Barometer menguji pemilih Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta di berbagai segmentasi pemilih. Dibeberapa hasil tampak pasangan Joko Widodo-JK menang dengan selisih tipis.

Dari aspek pendidikan dan pendapatan, ada fenomena menarik di mana Prabowo-Hatta unggul di kelompok pendidikan dan pendapatan tinggi, sementara Jokowi-JK masih leading di kelompok pendidikan dan pendapatan menengah dan rendah. Ini tentu PR karena jumlah pemilih pendidikan dan pendapatan tinggi lebih sedikit daripada yang menengah dan rendah.

“Sementara itu dari segmentasi jenis kelamin, di mana defisit dukungan kelompok perempuan pada Prabowo-Hatta sangat besar. Jika di kelompok lelaki selisih Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta hanya 4 persen, maka di kelompok perempuan selisihnya mencapai 22 persen. Ini isu yang harus dicari solusinya oleh Prabowo-Hatta,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, Selasa (17/6/2014). yang dikutip dari detik.com.

Sementara di daerah pedesaan Prabowo-Hatta kalah 23 persen dari pasangan nomor urut dua Joko Widodo- JK. Sementara di daerah perkotaan pasangan nomor urut dua lagi-lagi memimpin dengan selisih empat persen.

Pasangan nomor urut satu unggul dari tingkat kesukuan yakni Sunda 44,7 persen sementara rivalnya 39 persen, untuksuku Jawa Prabowo-Hatta ketinggalan 22 persen.

Dari tingkat santri, Jokowi masih memimpin Santri tradisional (NU) mayoritas Jokowi-JK (54,1 persen) banding Prabowo-Hatta (38,1 persern). Demikian pula santri modern (Muhammadiyah) meski angkanya beda tipis (Prabowo-Hatta 41,8 persen vs Jokowi-JK 47,3 persen).

Survei dilaksanakan pada Mei hingga Juni 2014. Dilaksanakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden  1.200 orang (margin of error sebesar ± 3,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen).

Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Pengumpulan data melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Dari perbandingan karakteristik demografis yang terpilih, tampak bahwa responden survei ini mirip dengan populasi secara keseluruhan

Sumber: detik.com

Rekomendasi