Senin, April 22, 2024

Yuniarti , Tokoh Perempuan Bengkulu ke Konferensi Internasional

Yuniarti, SH (Tokoh Perempuan)
Yuniarti, SH (Aktivis Perempuan Bengkulu)

kupasbengkulu.com – Tidak banyak warga Kota Bengkulu yang mampu menjadi duta ke tingkat dunia. Salah satunya adalah Yuniarti, SH seorang tokoh perempuan yang telah dikenal luas di kalangan masyarakat.

“Saya diundang World Population Foundation (WPF) mengikuti Konferensi Kesehatan Reproduksi Internasional di Den Haag, Netherland Belanda pada tahun 2004 dan 2006,” kata Yuniarti, SH kepada kupasbengkulu.com Jumat (21/2/2014).

Yuniarti dipercaya menjadi peserta konferensi internasional karena kepeduliannya yang tinggi pada isu kesehatan reproduksi. Sejak kuliah di Fakultas Hukum Universitas Bengkulu tahun 1988, alumni SMA 5 Kota Bengkulu ini aktif di LSM Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) yang bergerak di bidang kependudukan dan pengembangan masyarakat.

Tahun 1995-1996 Yuniari mengelola pusat informasi dan pelayanan remaja Centra Citra Remaja Rafflesia (CCRR) PKBI Bengkulu yang memberikan informasi kesehatan reproduksi remaja, narkoba dan HIV/AIDS, sekaligus sebagai pendamping kawan kawan dengan HIV/AIDS.

Kemudian Yuniarti juga salah seorang penggagas lahirnya Sanggar Konsultasi Remaja (SKR) di SMA sederajat sehingga menjadi salah satu kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.

Selanjutnya, pada tahun 1999, Yuniarti bersama teman seperjuangannya mendirikan pusat pengaduan dan penanganan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak bernama Cahaya Perempuan Women Crisis Centre (WCC) Bengkulu.

Cahaya Perempuan WCC berjuang untuk mewujudkan hak atas pemulihan, keadilan dan kebenaran bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

Selain itu, Yuniarti juga menjadi pengurus dan anggota Koalisi Perempuan Indonesia yang berjuang untuk keadilan dan demokrasi.

“Hidup terasa lebih berarti ketika berguna untuk orang lain,” demikian motto hidup tokoh perempuan yang sangat mengagumi tokoh-tokoh kemanusiaan, Yuniati, SH yang kini menjadi salah seorang calon anggota DPRD Provinsi Bengkulu daerah pemilihan Kota Bengkulu dari Partai Persatuan Pembangunan.(adi)

Related

Penyanyi Asal Indonesia Berhasil Luluhkan Empat Juri Americans Got Talent

Kupas News – Kisah seorang penyanyi penyandang disabilitas asal...

Peran Perempuan dalam Memerangi Radikalisme dan Terorisme

Kupas News, Bengkulu - Peran perempuan sangat besar dalam menangkal...

Tas Michael Kors, Brand Eksklusif Paling Diminati Pecinta Fashion

Kupas News – Michael kors merupakan salah satu pelopor...

Retno Pecahkan Rekor Perempuan Pertama Rektor Unib Terpilih

Kupas News - Universitas Negeri Bengkulu (Unib) baru saja...