Beranda DAERAH KEPAHIANG Anggaran Tebas Bayang di Kepahiang Rp 4 Miliar

Anggaran Tebas Bayang di Kepahiang Rp 4 Miliar

0

tebas+bayang
Kepahiang, Kupasbengkulu.com- Keluhan warga Kabupaten Kepahiang soal keberadaan rumput ilalang liar yang tumbuh subur dipinggir jalan, semestinya tidak terjadi.

Mengingat alokasi dana untuk tebas bayang mencapai  Rp 4 MIliar pertahunnya.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas PU (Pekerjaan Umum) Kabupaten Kepahiang, Abdi Negara, total dana yang sempat dikucurkan hingga miliaran rupiah pertahuan itu, berikut dengan pengerukan atau pembersihan drainese.

“Totalnya memang sempat mencapai Rp 4 Miliar. Kemudian terus menurun seperti ditahun lalu sekitar Rp 2,8 Miliar. Pada tahun ini, hanya Rp 250 juta. Tapi peruntukan dana itu tidak sekedar untuk tebas bayang, melainkan juga untuk kebersihan drainase,” papar  Abdi,  Selasa (12/4/2016).

Pekerjaan tebas bayang berikut pengerukan drainase ditahun itu, diagendakan oleh Dinas PU sebanyak tiga kali dalam setahun.

Lokasi pekerjaan dikawasan jalan, menjadi tanggungjawab Pemkab Kepahiang. “Tebas bayang kita kerjakan sekitar tiga  kali dalam setahun. Tentunya kawasan tebas bayang itu, dikawasan jalan yang menjadi tanggungjawab Pemkab Kepahiang,” jelasnya.

Keluhan warga akan rumput liar yang tumbuh subur disisi jalan lintas,  baik itu sebagai jalan provinsi maupun kabupaten seperti dikatakan  warga di Kecamatan Bermani Ilir, Usman.

“Soal rumput liar yang tumbuh subur disepanjang jalan, memang kerap dikeluhkan oleh warga dan pemanfaat jalan. Sekiranya, tebas bayang yang dilakukan hanya tiga  kali saja dalam satu tahun, itu tidaklah efektif. Terlebih dana tebas bayang ini mencapai miliaran rupiah pertahun,” katanya.(slo)