Berikut Software untuk Mengakses Internet Tahun 2021

Baca selanjutnya

Kupas Artikel – Sejak bergulirnya era digitalisasi internet telah menjadi kebutuhan utama tanpa layanan internet sistem digitalisasi dipastikan tidak berjalan dengan baik. Menyambut kebutuhan itu, berbagai macam developer telah mengembangkan beragam software untuk mengakses internet. Namun, tidak semua software itu familiar atau akrab digunakan. Banyak alasan, bisa saja karena tidak mau bereksperimen dengan software baru hingga software yang tidak kompatibel dengan perangkat digital yang dugunakan.

Diawal tahun tahun 2000-an pengguna internet hanya akrab dengan mozila firefox atau opera sebagai software untuk mengakses internet. Seiring bergulirnya waktu, kedua software itu tidak lagi menjadi platform utama untuk mengakses internet. Pengguna internet mulai dihadapkan dengan banyak pilihan software untuk mengakses internet dengan fitur yang beragam pula.

Perkembangan software untuk mengakses internet ini tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat pengguna internet yang kian beragam. Mulai dari aspek perangkat yang digunakan hingga faktor kebutuhan wilayah geografis. Tahun 2021 ini, banyak software yang bisa dijadikan pilihan untuk mengakses internet. Beragam software ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tergantung dengan kebutuhan akses internet yang diinginkan.

Berikut software untuk mengakses internet di tahun 2021 yang dirangkum redaksi Kupasbengkulu.com:

Opera

Software ini merupakan software tertua yang biasa dipakai pengguna internet untuk berselancar di dunia maya. Software dengan logo lingkaran tiga dimensi berwarna merah ini merupakan software untuk mengakses internet yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Limited yang dirilis pada 10 September 1995. Software legendaris ini di era tahun 2000-an merupakan software paling laris terutama bagi pengguna internet di Indonesia. Opera mendukung sistem pengoperasian Windows, Linux, iOS, MacOS, Android, dan Basic Phone.

Mozilla Firefox

Software yang dikebangkan oleh Mozila Foundation dan para sukarelawan dirilis pertama kali pada 23 September 2002. Software yang mengsung tagline “Cepat, Pribadi, dan Gratis” merupakan software yang paling familiar sebelum muncul software seperti chrome. Mozila Firefox memiliki fitur yang beragam dan menarik, salah satunya menyedikan 90 bahasa. Selain namanya yang tidak asing lagi, Mozila Firefox dikenal sebagai software untuk mengakses internet yang paling privasi. Mozila mengklaim software mereka tidak membutuhkan data pribadi pengguna untuk mengakses internet. Sistem pengoperasian Mozila menggunakan bahasa pemrograman C++, JavaScript, HTML, C, Rust dan sangat portable karena mendukung seluruh sistem operasi.

Google Chrome

Software untuk mengakses internet ini merupakan mesin perambah yang dikembangkan oleh google. Chrome merupakan software yang perambah web lintas platform yang awalnya dirilis hanya mendukung sistem operasi windowos di tahun 2008. Namun, chrome kini terus berkembang hingga mendukung seluruh sistem operasi dan menjadi software untuk mengkases internet paling banyak digunakan sejak 5 tahun terakhir. Software ini memiliki banyak fitur yang menarik seperti akses internet yang lebih cepat. Chrome didesain sebagai software yang portable yang bersifat open source atau terbuka dan gratis.

Microsoft Edge

Merupakan software untuk mengakses internet yang dikembangkan perusahaan raksasa digital Microsoft. Software ini dikalaim mampu bersaing dengan Google Chrome terutama dalam sistem pengoperasian yang telah mendukung seluruh sistem operasi seperti Windows, iOS, Linux, Android, MacOs, dan Windows Phone. Sistem keamanan Micrsoft Edge juga diklaim memiliki tingkat paling tinggi. Software ini merupakan bagian dari Kode Poject Spartan yang menggantikan pendahulunya Microsoft Ekplorer.

Safari

Safari merupakan software untuk mengakses internet yang dikembangkan secara khusus oleh Apple Inc sebuah perusahaan ternama yang terkenal dengan produk Handphone, PC, dan laptop merk Apple. Software ini awalnya hanya bisa digunakan pada sistem operasi MacOS. Namun, saat ini Safari juga bisa digunakan pada sistem operasi iOS. Safari mengklaim sebagai software perambah internet paling cepat di dunia dengan tingkat privasi paling tinggi. Hanya saja software ini tidak bisa digunakan pada seluruh sistem operasi.

UC Browser

UC Browser satu-satunya software untuk mengakses internet yang dikembangkan perusahaan asal China dan mampu bersaing dengan software ternama lainnya. UC Browser mengklaim unggul pada akses internet mobile dan mendukung sistem operasi iOS, Android, dan Windows. Meskipun namanya tidak sepopuler google chrome namun, banyak pengguna internet saat ini beralih menggunakan software UC Browser untuk mengakses internet terutama di handphone.

Brave Browser

Mesin perambah ini merupakan software untuk mengakses internet yang dikembangkan perusahaan Brave Software Inc. Brave Brwoser mengklaim mampu bersaing dengan software popular lainnya terutama dalam aspek kecepatan. Selain itu, software yang memiliki fitur memblokir iklan secara permanen ini juga menyatakan sebagai software yang berfokus pada aspek keamanan pengguna internet.

Penulis: Sjam Kamara

- Advertisement -

Pemprov Bengkulu Gelar Job Fair Career Expo 2021 di Bencoolen Mall

Kupas News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bersama beberapa perusahaan gelar Job Fair Career Expo 2021 di...

Helmi Hasan Lantik Ketua BazNas Kota Bengkulu

Kupas News – Walikota Bengkulu Helmi Hasan melantik ketua, wakil ketua dan pengurus BazNas Kota Bengkulu periode 2021-2026. Pelantikan berlangsung di ruang hidayah kantor...

128 ASN di Bengkulu Ikuti Ujian Kenaikan Pangkat, Ini Pesan Moral Walikota

Kupas News – Sebanyak 128 peserta dari aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Bengkulu, mengikuti ujian kenaikan pangkat tahun 2021 di Hotel Nala Sea...

Polisi Selidiki Mayat Tanpa Identitas Mengapung di Sungai Musi

Kupas News – Sesosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan dalam keadaan mengapung di Sungai Musi Kepahiang, Minggu, (05/12). Mayat pertama kali ditemukan oleh dua...

Gubernur Rohidin Hadiri Musda Pengajian Al-Hidayah

Kupas News – Gubernur Rohidin Mersyah hadiri pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Pengajian Al-Hidayah Provinsi Bengkulu di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Sabtu (4/12)....

Terbaru