Jumat, September 30, 2022

Banyak Produsen Seluler Dukung Teknologi Jaringan 5G, Apa Manfaatnya?

Baca selanjutnya

Pemerintah Indonesia pada tahun 2021 lalu merencanakan akan membangun kanal jaringan tekhnologi 5G. Seperti dilansir CNN Bussines International, teknologi 5G merupakan jenis teknologi berbasis kontivitas seluler nirkabel.

Transisi Jaringan dari 4G LTE ke 5G ini dipastikan bakal diminati dan dibutuhkan masyarakat. Ini juga dapat merubah sistem kerja masyarakat terhadap penggunaan internet dalam mengandalkan kecepatan internet.

Pengembangan dari teknologi nirkabel ini diharapkan dapat mengubah cara hidup dan pola kerja masyarakat. Kemudian banyak bermunculan pertanyaan apa yang dimaksud teknologi 5G, lalu apa perbedaan dan fungsinya.

Selain memiliki jaringan yang lebih cepat, teknologi 5G dapat menangani lebih banyak perangkat dibandingkan pendahulunya 4G LTE. Sehingga kemajuan teknologi nirkabel ini dapat menunjang sistem kerja di masyarakat.

Di Indonesia sendiri kedatangan 5G belum terlalu familiar dikalangan masyarakat. Karena retail penjualan ponsel seluler kebanyakan masih menggunakan teknologi 4G LTE. Upaya ini belum maksimal secara keseluruhan di pasar ponsel Indonesia. Mungkin baru beberapa jenis ponsel yang sudah menerapkan fitur 5G.

Jadi sudah sangat jelas perbedaan antara teknologi 5G dan 4G LTE adalah keunggulannya dalam segala kemampuannya menangani banyak perangkat, yang artinya sudah tidak ada lagi internet yang lambat.

Disini, khusus para pecinta konten kreator atau seorang Youtuber juga sangat terbantu dengan fasilitas kemajuan teknologi 5G. Hambatan-hambatan yang sering ditemui dari pendahulunya 4G LTE sudah tak ditemukan di teknologi 5G.

Dikutip dari Techradar, ada beberapa kegunaan yang dapat diberikan 5G untuk memudahkan orang dalam menyelesaikan sesuatu. Lantas apa saja manfaat teknologi jaringan 5G untuk menunjang aktivitas sehari-hari? Selain cepat, 5G diharapkan dapat membuat konektivitas lebih baik dari sebelumnya.

Berikut Keunggulan Teknologi 5G

  1. Download dan upload bisa lebih cepat, jadi tidak ada alasan untuk mengunduh game dan mengunggah foto ke jejaring sosial lebih lama dari sebelumnya.
  2. Mendukung streaming konten video YouTube yang lebih lancar, tanpa hambatan sedikit pun.
  3. Tingkatkan panggilan suara dan video dengan kualitas yang lebih tinggi dan bersama dengan koneksi seluler yang superior.
  4. Layanan 5G juga mendukung lebih banyak perangkat loT, seperti yang sering ditemukan di rumah pintar dan jam tangan pintar.
  5. Perluasan teknologi canggih, seperti mobil tanpa pengemudi dan smart city.

Banyak produsen ponsel siap mendukung teknologi 5G ini. Disini 5G memiliki inovasi pendukung di setiap fitur seluler. Untuk pertama kalinya teknologi 5G mensupport fitur panggilan video dengan tampilan layar 3D.

Hal ini tentu akan membuat raksasa produsen seluler semakin tajam melirik kecanggihan teknologi 5G. Salah satunya adalah produsen OPPO. Disini OPPO telah menempuh banyak jalan berinovasi untuk mendukung teknologi 5G ini.

Dilihat dari perjalanan panjangnya, OPPO tampaknya sangat dekat dengan teknologi 5G. Hal ini tidak hanya terlihat pada ponsel 5G, tetapi juga pada inovasi teknologi 5G yang juga telah digarap OPPO.

Editor: Iman Sp Noya

Kapolres Mukomuko Imbau Warga Laporkan Peredaran Obat Terlarang dan Miras

Kupas News, Mukomuko - Dalam rangka kunjungan kerja di wilayah hukum Polsek Mukomuko Utara, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Rabu, menggelar Forum Diskusi Situasi kamtibmas...

Forkopimda Sepakat Legalkan Aktivitas Pemungutan Limpasan Batu Bara

Kupas News, Kota Bengkulu - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu serta Aparat Penegak Hukum (APH) Wilayah Hukum Bengkulu, sepakat mendukung Pemerintah Provinsi...

Polisi Tangkap Wartawan Gadungan Usai Peras Kelompok Tani

Kupas News, Rejang Lebong - Seorang wartawan gadungan mengaku dari media Tribun Tipikor berinisial SE (40 tahun) terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan...

Bengkulu Targetkan Bebas Rabies Tahun 2030

Kupas News, Kota Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menargetkan provinsi Bengkulu terbebas dari Penyakit Rabies. Penyakit rabies merupakan penyakit yang dapat menular dari...

Bantuan Alsintan Gratis untuk Petani Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang sempat terhenti 2 tahun terakhir akibat terjangan pandemi COVID-19 kembali dijalankan. Salah...

Terbaru