Rabu, November 30, 2022

Berkas Kasus Sindikat Pembobol Data Nasabah Dilimpahkan

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Berkas tersangka kasus pembobolan data dan uang nasabah salah satu Bank BUMN di Kota Bengkulu diserahkan ke Kejaksaan. Kombes Pol Teddy Suhendyawan Syarif, mengatakan, percepatan pemberkasan ini agar perkara yang melibatkan sembilan orang tersangka ini segera disidangkan.

“Iya sudah kita kirim ke jaksa berkasnya, mudah-mudahan tidak ada kekurangan lagi, biar tahap dua dan disidang.” ungkap Dir Reskrimum Polda Bengkulu, Jumat, (11/03)

Sebelumnya pada Polda Bengkulu menangkap sembilan orang tersangka kasus pembobol data dan uang berinisial RS, CH, FH, BP, HK, ERZ, RAL, DAP, dan AS. Kesembilan tersangka ini merupakan jaringan pembobol bank asal Medan, Sumatera Utara.

Mereka telah melakukan operasi di berbagai daerah di Indonesia diantaranya Kota Batam, Kota Palembang, Kota Padang, Provinsi Lampung, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Bengkulu dan Kota Semarang. Salah satu bank BUMN yang berada di Bengkulu bahkan mengalami kerugian hingga Rp2,91 miliar.

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno sebelumnya mengatakan, jumlah jaringan ini beranggotakan sebanyak 11 orang yang terbagi menjadi dua tim yaitu tim Alpha dan Delta.

Masing-masingnya memiliki peran berbeda, RS dan CH berperan sebagai pembuat buku rekening palsu dan penyedia data nasabah bank. 7 orang lainnya bertugas melakukan aksi dengan modus memalsukan data-data nasabah.

Berbekal data nasabah, komplotan ini kemudian mendatangi Costumer Service Bank dengan dalih kartu ATM tertelan sehingga meminta kartu ATM baru. Setelah mendapat kartu ATM mereka kemudian menguras isi rekening nasabah.

Penyidik Polda Bengkulu juga akan menjerat tiga tersangka lain yang sebelumnya telah ditangkap Sat Reskrim Polrestabes Semarang. Ketiganya memiliki peran penting terhadap aksi sembilan orang yang ditangkap dan diamankan Polda Bengkulu.

“Untuk tiga tersangka yakni KFN, ANP, serta WA yang terdiri dari dua orang wanita dan satu orang pria saat ini sudah ditangkap di Semarang,” demikian Kombes Sudarno.

Editor: Riki Susanto

BI Bengkulu Gandeng ACC Sosialisasikan QRIS Alat Bayar Berbasis Digital

Ketua ACC Bengkulu Usmadi Dianto saat menyerahkan plakat kepada Oni Luthfi pada kegiatan sosialisasi QRIS di Arga Makmur, Bengkulu Utara, Senin, 28 November 2022....

Lalai Tinggalkan Dompet, IRT di Penarik Lapor Polisi

HR saat diamankan Polsek Penarik Raya, Kabupaten Mukomuko, Foto: Dok Kupas News, Mukomuko - Seorang pria berinisial HR (37) warga Desa Sumber Sar, Kecamatan Air...

Gubernur Rohidin Hadiri Peresmian Better Home

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan sambutan pada peresmian supermarket bahan bangunan (Better Home) di Jalan Adam Malik, Kota Bengkulu, Senin, 28 November 2022,...

Reses Irwan Eriadi Serap Aspirasi untuk Menunjang Pembangunan Dapil

Kupas News, Bengkulu - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Irwan Eriadi, SE, M.Si, menggelar reses masa persidangan ke III tahun sidang 2022 di Daerah Pemilihan...

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru