Sabtu, Mei 28, 2022

Berkas Kasus Sindikat Pembobol Data Nasabah Dilimpahkan

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Berkas tersangka kasus pembobolan data dan uang nasabah salah satu Bank BUMN di Kota Bengkulu diserahkan ke Kejaksaan. Kombes Pol Teddy Suhendyawan Syarif, mengatakan, percepatan pemberkasan ini agar perkara yang melibatkan sembilan orang tersangka ini segera disidangkan.

“Iya sudah kita kirim ke jaksa berkasnya, mudah-mudahan tidak ada kekurangan lagi, biar tahap dua dan disidang.” ungkap Dir Reskrimum Polda Bengkulu, Jumat, (11/03)

Sebelumnya pada Polda Bengkulu menangkap sembilan orang tersangka kasus pembobol data dan uang berinisial RS, CH, FH, BP, HK, ERZ, RAL, DAP, dan AS. Kesembilan tersangka ini merupakan jaringan pembobol bank asal Medan, Sumatera Utara.

Mereka telah melakukan operasi di berbagai daerah di Indonesia diantaranya Kota Batam, Kota Palembang, Kota Padang, Provinsi Lampung, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Bengkulu dan Kota Semarang. Salah satu bank BUMN yang berada di Bengkulu bahkan mengalami kerugian hingga Rp2,91 miliar.

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno sebelumnya mengatakan, jumlah jaringan ini beranggotakan sebanyak 11 orang yang terbagi menjadi dua tim yaitu tim Alpha dan Delta.

Masing-masingnya memiliki peran berbeda, RS dan CH berperan sebagai pembuat buku rekening palsu dan penyedia data nasabah bank. 7 orang lainnya bertugas melakukan aksi dengan modus memalsukan data-data nasabah.

Berbekal data nasabah, komplotan ini kemudian mendatangi Costumer Service Bank dengan dalih kartu ATM tertelan sehingga meminta kartu ATM baru. Setelah mendapat kartu ATM mereka kemudian menguras isi rekening nasabah.

Penyidik Polda Bengkulu juga akan menjerat tiga tersangka lain yang sebelumnya telah ditangkap Sat Reskrim Polrestabes Semarang. Ketiganya memiliki peran penting terhadap aksi sembilan orang yang ditangkap dan diamankan Polda Bengkulu.

“Untuk tiga tersangka yakni KFN, ANP, serta WA yang terdiri dari dua orang wanita dan satu orang pria saat ini sudah ditangkap di Semarang,” demikian Kombes Sudarno.

Editor: Riki Susanto

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru