Selasa, Maret 5, 2024

Bupati Erwin Octavian Klaim Kasus Stunting di Seluma Turun

Bupati Erwin Octavian Klaim Kasus Stunting di Seluma Turun

Wed, 01/10/2024 – 13:58

Bupati Seluma Erwin Octavian, Foto: Dok/Instagram

Kupasbengkulu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma memastikan percepatan penurunan kasus stunting tetap diprioritaskan hingga bisa mencapai angka prevalensi stunting yang ditargetkan di bawah 14 persen.

Bupati Seluma, Erwin Octavian mengatakan, pihaknya memastikan langkah-langkah penangangan dan percepatan penurunan angka stunting tetap dilaksanakan yang nantinya akan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder.

“Semua stakeholder pasti kita libatkan, baik itupun dari pihak Kepolisian dan TNI serta melalui berbagai intervensi OPD guna melakukan melakukan upaya percepatan penurunan stunting,” kata Bupati Erwin Octavian, Rabu, (10/01/2024).

Erwin mengklaim, bahwa kasus stunting di Kabupaten Seluma ini selalu mengalami penurunan berkat kerja keras dari Tim Penanganan Percepatan Stunting (TPPS) yang langsung digawangi Wabup Seluma Gustianto.

“Alhamdulillah setiap tahunnya kasus stunting di Kabupaten Seluma semakin menurun dan hal tersebut tidak lepas dari kerja keras Tim TPPS,” kata Erwin.

Melihat dari tahun 2022 yang lalu kata Erwin, kasus stunting menurun drastis dari angka 40 persen hingga ke 22,1 persen. Namun, untuk data tahun 2023 datanya segera akan dirilis, apakah kasus stunting menurun atau meningkat.

“Tahun 2023 ini datanya belum diketahui, apakah kasus stunting meningkat atau menurun, hasilnya perekapan data stunting bakal diumumkan pada tahun 2024 ini,” ujar Bupati Erwin.

Sementara berdasarkan data sementara dari Elektronik Pelaporan Pencatatan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) Dinkes Seluma, kasus stunting kini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 4,2 persen hingga ke 5,5 persen.

Padahal 2023 lalu, Pemkab Seluma berhasil mendapatkan dana insentif fiskal sebesar Rp 5,7 miliar. Dana tersebut merupakan bentuk perhargaan atas pencapaian dalam percepatan penurunan kasus stunting.

Beberapa OPD yang mendapatkan cipratan dana fiskal dan terlibat dalam melakukan penanganan stunting yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais, Dinas Kesehatan, DLHK, Dinas Perkim dan Dinas PMD.

Reporter: Deni Aliansyah Putra

Seluma 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...