Selasa, Februari 7, 2023

Girik Cik: “Ikan Busuk Mulai dari Kepala”

Baca selanjutnya

Peribahasa orang bijak bilang, “jika kusut diujung, lari kepangkal”.  Ini dimaksudkan agar apa yang kita bahas, kita bicarakan sesuaru tema, fokus.  Agar dapat gambaran dari yang sedang dibahas, bila tidak menemukan  konklusi.
Orang awam  acapkali enggan berfikir mendetail.  Mereka hanya lihat apa yang ada di depan mata. Padahal apa yang dilihat itu tidaklah tegak berdiri sendiri. Melainkan karena ada contoh, pembiaran  sebelumnya.
Misalnya, kenapa dimasyarakat berani  melakuan dan menerima suap? Karena mereka mencontoh yang panutan, orang berpengaruh melaukan itu. Orang itu adalah pemimpin disetiap strata sosial masyarakat. Tapi ingat, suatu perbuatan baru dirasakan menggangu bila ada pihak yang tidak senang.
“Ikan itu busuk mulai dari kepala. Bukan dari ekor”. Disinilah masalahnya dari perbuatan yang tidak disenangi dari separuh pihak. Analogi lama ini banyak orang mengetahui. Tapi mereka tidak tahu harus bagaimana melihat hal-hal yang buruk secara kaedah dan norma itu yang terjadi.
Banyak juga yang tidak tahu,  kalau perbuatan misalnya  suap dan penyuap, korupsi dan kolusi dan lainya itu merupakan pengkhianatan terhadap kehidupan sosial.
Pertanyaannya, bagaimanakah bila itu misalnya sekarang atau nanti ada di Provinsi Bengkulu? Misalnya bila itu memang terjadi di Bumi Rafflesia! Itulah cerminan dari masyarakat yang ada. Karena pemimpinlah yang memulainya. Ingat,  “Ikan itu busuk mulai dari kepala. Bukan dari ekor”.
Bila ingin memperlambat proses pembusukan itu, maka potonglah kepalanya. Meminjam istilah Filsuf Romawi, Marcus Tullius Cicero yang mengatakan,  “Potong kepalanya! Kebusukan suatu negeri selalu berawal dari puncaknya, dari pemimpin-pemimpinnya”.
Bagaimanakah kalau masyarakat itu tidak sengaja, tapi karena khilaf? Jawabnya adalah “Ah”.
Tapi ini cerita hanya analogi. Hanya misalnya kalau memang itu ada terjadi. Bukan maksud penulis ingin mengasinkan ikan yang busuk, tapi memang garamnya yang lebih dahulu sudah busuk.
Wartawan tinggal di Bengkulu Kota
The post Girik Cik: “Ikan Busuk Mulai dari Kepala” appeared first on suaramelayu.com.

Hadiri HPN 2023, PWI Bengkulu Disambut Spesial

Kupas News, Sumatera Utara – Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Provinsi Bengkulu tiba di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin,...

Polisi Amankan Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika di Bengkulu Selatan

Kupas News, Bengkulu Selatan – Polres Bengkulu Selatan selidiki aktivitas disalah satu penginapan di Kecamatan Pino Raya terkait penyalahgunaan narkotika. Penyelidikan itu berdasarkan informasi...

Hadiri Pembukaan Turnamen Futsal, Roni Pasla Ingatkan Pemuda Bermental Juara

Kupas News, Mukomuko – Pembukaan turnamen futsal yang digelar pemuda Karang Taruna Desa Pulau Makmur Kabupaten Mukomuko, Minggu, (5/2) dihadiri Wakil Bupati Mukomuko Wasri...

6 Boneka Lucu untuk Anak

Kupas Bengkulu - Boneka merupakan salah satu mainan favorit anak-anak. Selain menjadi teman bermain, boneka juga dapat menstimulus kemampuan dan kreativitas si kecil. Nah, bagi...

Gubernur Rohidin Besuk Rahiman Dani Korban Penembakan OTD

Kupas News, Kota Bengkulu - Kondisi terkini korban penembakan Rahiman Dani dikabarkan sehat dan membaik. Saat ini korban penembakan orang tak dikenal (OTD) itu...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru