Beranda HUKUM DAN PERISTIWA Investor “Siluman” Diminta Angkat Kaki

Investor “Siluman” Diminta Angkat Kaki

0
Ilustrasi

Seluma, kupasbengkulu.com – Wakil Ketua I DPRD Seluma Ulil Umidi menyebutkan, pihaknya akan meminta data perusahaan investor yang telah mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) didaerah itu. Ini menindak lanjuti terkait banyaknya keluhan masyarakat seluma yang menyebutkan banyaknya perusahaan pertambangan yang tidak beroperasi meskipun telah mengantongi IUP.

“Kita akan meminta data ke BPPT seluma untuk mengetahui perusahaan yang sudah mendapatkan IUP dan akan ditelusuri satu persatu,” kata Ulil diruang kerjanya kamis (09/02/2017).

Kata dia, sejauh ini baru ada satu perusahaan pertambangan emas di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) yaitu PT Energi Swadinamika Utama (ESU) yang tidak kunjung beroperasi sementara IUP perusahaan tersebut telah dikeluarkan selama 10 tahun kedepan.

“jika tidak mampu maka silahkan angkat kaki dari seluma sebab masih banyak perusahaan lain yang akan melakukan pertambangan,” tegasnya.

Yang lebih mirisnya lagi tambah Ulil, meskipun telah mengantongi IUP perusahaan di SAM tersebut belum mengantongi  sejumlah syarat pertambangan, juga belum mendapatkan rekomendasi izin pinjam pakai dari departemen kehutanan dan lingkungan hidup.

“Kantor perwakilannya saja tidak ada di Seluma ini,” ujarnya.

Dia meminta Bupati Seluma bersikap tegas dalam menyikapi hal tersebut, sebab hal tersebut dapat menghambat investor lain yang ingin masuk ke Kabupaten Seluma.

“PAD dari tambang tidak bisa diraih meskipun IUP sudah dikeluarkan, itu harus disikapi,” tandasnya.(sep)