Beranda DAERAH BENGKULU Kuota Keberangkatan Haji Tahun Ini Berkurang

Kuota Keberangkatan Haji Tahun Ini Berkurang

0
Kuota Keberangkatan Haji Tahun Ini Berkurang
illustrasi jemaah haji

kupasbengkulu.com – Pada musim haji tahun ini dipastikan pemotongan kuota sebanyak 20 persen masih akan terjadi. Kuota untuk Provinsi Bengkulu yang sebelumnya sebanyak 1.416 jemaah, bila dikurangi 20 persen menjadi  1.292 jemaah. (baca: Daftar Tunggu Haji Bengkulu Hingga 2030)

Dengan pengurangan jumlah jemaah tersebut, maka akan berpengaruh pada jumlah kelompok terbang (kloter). Bila pada tahun lalu kloter haji Bengkulu masih sebanyak 5 kloter, maka untuk haji tahun ini akan dikurangi menjadi 3 kloter.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Ikatan Persaudaan Haji Indonesia Provinsi Bengkulu, H.Effendi Joni, S.Ag saat ditemui di kediamannya siang ini, Sabtu (24/5/2014).
Pada tahun-tahun sebelumnya, dari 5 kloter haji tersebut  4 kloter mengangkut jemaah Jemaah Calon Haji (JCH) yang semuanya berasal dari Bengkulu. Sementara 1 kloter lainnya merupakan kloter gabungan dari JCH Bengkulu dan Sumatera Barat.

“Dalam 1 kloter itu jumlah jemaahnya ada 450, makanya untuk tahun sebelumnya Bengkulu perlu 5 kloter. Sedangkan untuk tahun ini jumlah jemaah hanya 1.292, jika dibagi maka untuk 3 kloter saja masih kurang, mungkin nanti untuk kloter 3 akan digabung dengan jemaah Sumatera Barat,” terang Effendi.

Pemotongan kuota haji pada negara-negara penyelenggara haji tersebut berdasarkan kebijakan pemerintah Arab Saudi, dikarenakan saat ini pemerintah Arab Saudi melakukan perluasan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Begitu juga dengan tempat melontar jumroh, Pemerintah Arab Saudi melakukan penambahan fasilitas layanan kereta api di beberapa tempat selesai dikerjakan.(beb)