Sabtu, Desember 10, 2022

Led Zepplin Digugat, “Stairway to Heaven” Dituduh Jiplak

Baca selanjutnya

sumber foto: musiclipse.com
sumber foto: musiclipse.com

kupasbengkulu.com  – Lagu “Stairway to Heaven” adalah salah satu lagu legendaris milik kelompok Led Zeppelin. Namun, siapa sangka kini grup asal Inggris itu digugat karena dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu tersebut.

Pihak yang menuntut Jimmy Paige dkk adalah grup band yang namanya mungkin tak dikenal banyak orang, Spirit. Namun, band ini ternyata pernah manggung bareng Led Zeppelin pada 1969.

Menurut Spirit, Led Zeppelin menjiplak beberapa not dalam lagu karya mereka, “Taurus”, dan menggunakan not-not itu dalam lagu “Stairway to Heaven”.

“Setelah sekian lama, waktunya telah tiba,” kata Francis Alexander Malofiy yang mewakili Randy California, mendiang gitaris band Spirit yang menulis lagu “Taurus”. Band legendaris Led Zeppelin menghadapi sengketa hukum terkait lagu ‘Stairway to Heaven’, yang disebut sebagai lagu rock dengan komposisi terbaik sepanjang masa.

Gugatan pelanggaran hak cipta dilancarkan oleh kuasa hukum mendiang gitaris Randy California, yang memainkan komposisi yang sama dengan Led Zeppelin pada tahun 1960-an.

Kuasa hukumnya mengatakan seharusnya nama Randy California dicantumkan dalam lagu yang dirilis pada 1971. Bloomberg Businessweek menyebutkan bahwa lagu yang berdurasi delapan menit itu telah menghasilkan 562 juta dolar AS atau RP 6,4 trilliun sampai 2008.

Majalah itu menyebutkan lagu ‘Stairway to Heaven’ sangat menguntungkan karena Led Zeppelin tidak merilisnya sebagai sebuah single, sehingga penggemarnya tak punya pilihan selain membeli album tanpa judul yang dikenal dengan Led Zeppelin IV, yang memuat lagu tersebut.

Led Zeppelin ataupun Warner Music telah menyatakan mereka tidak akan memberikan komentar terkait gugatan tersebut. Laporan media mengatakan bahwa kasus peradilan tampaknya akan berpegang pada tuduhan bahwa riff gitar pada pembuka lagu terkenal ‘Stairway to Heaven’ yang mirip dengan karya instrumental gitar yang disebut ‘Taurus’.

‘Taurus’ ditulis oleh Band yang digawangi Randy California, Spirit, pada 1968. Sementara gitaris Led Zeppelin Jimmy Page diketahui mulai menulis ‘Stairway to Heaven’ pada 1970 di sebuah penginapan di pedesaan Wales.

Dikutip dari kompas.com dan republikaonlie.com

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Kupas News, Jakarta - Walaupun Rancangan Undang-undang (RUU) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) telah disahkan DPR menjadi UU KUHP,  khusus untuk pelaksanaan kemerdekaan pers...

Komisi XI DPR RI dan BI Sosialisasikan Transaksi Digital QRIS di Rejang Lebong

Kupas News, Rejang Lebong –  Anggota Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin bersama Bank Indonesia (BI) kembali melakukan Sosialisasi dan Edukasi Quick Response...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah program Baznas di Desa Kandang, Seberang Musi, Kepahiang, Rabu, 7 Desember 2022,...

Problem Solving Kepolisian Mediasi Dua Perempuan Terlibat Kasus Penganiayaan

Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung saat menggelar kegiatan problem solving kepolisian, Rabu, 7 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Tengah - Mencoba melakukan mediasi sebagai...

Bea Cukai Musnahkan Barang Milik Negara Hasil Penindakan KPPBC TMP C Bengkulu

Kepala Bea Cukai Provinsi Bengkulu Ardhani Naryasti bersama perwakilan instansi terkait saat melakukan pemusnahan barang milik negara, di Kantor Bea Cukai provinsi Bengkulu, Kamis,...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru