Sabtu, Desember 10, 2022

MASIKA-ICMI Bengkulu Diharapkan Mampu Mencetak Pemimpin Masa Depan

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Majelis Sinergi Kalam, disingkat MASIKA sebagai salah satu organ dari organisasi Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) yang secara resmi dibentuk pada tanggal 8 Oktober 1993 di Cisarua Kawasan Puncak Bogor Jawa Barat.

Kini MASIKA-ICMI kembali mengukuhkan kepengurusan perwakilan wilayah Bengkulu pada hari Senin, 29 Agustus 2022 di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Acara Pengukuhan sekaligus ditandai dengan peresmian pembukaan sekolah peradaban program Leadership Short Course Mundzirul Qaum Angkatan 1 yang telah berlangsung mulai dari 26 Agustus hingga Desember mendatang.

Ketua MASIKA-ICMI PW Bengkulu Alfarabi menjelaskan bahwa program singkat sekolah kepemimpinan Mundzirul Qaum yang bertujuan untuk mencetak generasi muda calon pemimpin masa depan Bengkulu akan dijadikan program unggulan untuk MASIKA-ICMI Bengkulu.

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan materi yang digagas oleh Kepala Sekolah Mundzirul Qaum Rina Raflesia. Adapun kurikulum yang akan membentuk karakter pemimpin masa depan Bengkulu terdiri dari kepemimpinan, komunikasi organisasi, teknik negosiasi, integritas, problem solving, public speaking, manajemen pengembangan diri, fiqih, aqidah, akhlak, muamalah, kearifan lokal dan wawasan kebangsaan. Materi kurikulum dijalankan dengan metode kelas dan mentoring. Metode kelas telah dilakukan dari tanggal 26-28 Agustus 2022 yang lalu dan akan dilanjutkan dengan metode mentoring hingga Desember mendatang.

Proses penjaringan peserta yang berhasil mengikuti program ini telah dilakukan sejak bulan Juli 2022 lalu dengan mensyaratkan rentang usia 17-21 tahun, memiliki pengalaman organisasi, kemampuan agama dan keilmuan yang mumpuni untuk lolos seleksi.

Hasilnya terjaring sebanyak 14 peserta yang berhak mendapatkan beasiswa penuh dari para pendukung program yaitu Pemerintah Provinsi Bengkulu, Humaira’ Madrasaku, dan Lembaga Raflesia Riset Parameter.

Rangkaian acara pengukuhan pengurus dan peresmian (launching) program sekolah Mundzirul Qaum dibuka oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan menghadirkan ketua MASIKA-ICMI Pusat Ismail Rumadan, para Kepala Daerah Provinsi Bengkulu dan Imam besar masjid Istiqlal Indonesia Nasaruddin Umar yang akan memberikan kuliah agama secara langsung.

Editor: Iman Sp Noya

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Kupas News, Jakarta - Walaupun Rancangan Undang-undang (RUU) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) telah disahkan DPR menjadi UU KUHP,  khusus untuk pelaksanaan kemerdekaan pers...

Komisi XI DPR RI dan BI Sosialisasikan Transaksi Digital QRIS di Rejang Lebong

Kupas News, Rejang Lebong –  Anggota Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin bersama Bank Indonesia (BI) kembali melakukan Sosialisasi dan Edukasi Quick Response...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah program Baznas di Desa Kandang, Seberang Musi, Kepahiang, Rabu, 7 Desember 2022,...

Problem Solving Kepolisian Mediasi Dua Perempuan Terlibat Kasus Penganiayaan

Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung saat menggelar kegiatan problem solving kepolisian, Rabu, 7 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Tengah - Mencoba melakukan mediasi sebagai...

Bea Cukai Musnahkan Barang Milik Negara Hasil Penindakan KPPBC TMP C Bengkulu

Kepala Bea Cukai Provinsi Bengkulu Ardhani Naryasti bersama perwakilan instansi terkait saat melakukan pemusnahan barang milik negara, di Kantor Bea Cukai provinsi Bengkulu, Kamis,...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru