oleh

Memalukan! Mobnas Tak Pernah Bayar KIR

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Bengkulu melalui Kepala Unit Pengelolahan Tekhnik Daerah (UPTD) Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Bengkulu Tarmizi menyatakan, bahwa Mobil Dinas (Mobnas) Kota Bengkulu diduga tidak pernah melakukan uji kelayakan berkendara atau KIR.

“Selama ini kita belum pernah melayani Mobil Dinas untuk melakukan pembuatan KIR atau uji kelayakan berkendara dan seharusnya itu wajib dilakukan,” kata Tarmizi.

Dia menyebutkan, ada beberapa mobil yang seharusnya melakukan KIR selama enam bulan sekali. Mobil tersebut sejenis, pick- up, puck- up double cabin, bus, truk/dum truck atau mobil angkutan.

Dari data terhimpun, di Pemda Kota Bengkulu sendiri ada tiga bus yang terparkir di halaman RSUD Kota Bengkulu. Untuk Kantor Satpol sendiri ada truck pengangkut, Dinas Pertamanan juga banyak mobil angkut dari berbagai jenis.

Untuk itu, dikatanya, seharusnya pemerintah perlu mengetahui dan mengacu pada UU Nomor 22 tahun 2009, pasal 48 ayat 1 bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan termasuk angkutan orang maupun barang harus memenuhi teknis dan layak jalan. Terkecuali, mobil ambulan, PBK, Polri dan TNI yang belum diatur dalam UU No 22/2009.

“Kita akan sosialisasikan, tapi hingga saat ini belum ada yang bayar. Mungkin karena mobilnya baru, tapi masih banyak mobil yang lama tapi masih digunakan,” ucapnya.

Menurutnya, proses pembuatan kir tersebut tidak rumi dan tidak memakan waktu dengan biaya yang relatif mura. Seperti kendaraan yang berat beban mencapai 5,5 ton pembayaran mencapai Rp 87 ribu.

Lalu pada kendaraan yang berat beban mencapai 5,5 ton hinga 14 ton pemilik kendaran wajib membayar hingga Rp 97 ribu. Terakhir, pada kendaraan yang bermuatan mencapai 14 ton keatas, pemilik kendaraan harus membayar pembuatan kir mencapai Rp 107 ribu.(dex)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four × five =

News Feed