oleh

Murid SD Ini Ciptakan Robot

robot
Lomba robotic di Kota Bengkulu

kupasbengkulu.com – Puluhan murid Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bengkulu ikuti perlombaan robotic yang digelar di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, Rabu (27/8/2014).

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, yang mana tujuan dari kegiatan ini adalah penyelenggaraan lomba robotic tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

”Dalam waktu dekat akan dilaksanakan lomba robotic tingkat provinsi, yakni sekitar tanggal 4 hingga 8 September 2014. Dari perlombaan ini nantinya akan diambil empat pemenang. Juara 1 dan 2 akan maju ke perlombaan tingkat provinsi, sementara juara 3 dan 4 akan menjadi cadangan dalam perlombaan yang sama,” kata Usman Gumanti, Ketua Panitia Lomba Robotic, Selasa (27/8/2014).

Diungkapkannya, perlombaan tingkat SD ini diikuti oleh 11 kelompok, yang mana setiap kelompok terdiri dari tiga orang peserta dari kelas 3-6 SD. Setiap kelompok hanya harus menyiapkan laptop/ notebook, program, dan baterai. Sementara panitia akan menyiapkan robot yang berbentuk seperti mobil-mobilan (Tamiya) dan papan lintasan atau robot’s line.

”yang kita nilai dalam perlombaan ini adalah bagaimana siswa dapat mengatur program sehingga robot ini dapat melalui lintasan dengan cepat dan tepat. Dilintasan ini terdapat tujuh lingkaran yang harus dilalui, setiap lingkaran memiliki nilai sepuluh poin,” lanjutnya.

Waktu yang diberikan kepada peserta untuk mengatur program robotic sekitar 30 menit. Sedangkan waktu untuk pertunjukkan robotic hanya 15 menit saja. Dalam pertunjukkan tersebut, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mengulang, namun hasil (poin) yang diambil adalah yang terakhir. Adapun tim penyeleksi ini berasal dari Robotic Organizing Committee Indonesia (ROCI), yang sebelumnya telah memberikan workshop robotic kepada para siswa.

“Kurikulum SD dan SMP tentang robotic ini memang belum ada. Tapi kita yakin semua bisa karena biasa. Para siswa diajarkan hingga menjadi bisa dengan mempelajari robotic tools,” katanya.

“Kami berharap melalui kegiatan yang intensif, kita dapat menemukan pelajar yang handal di bidang iptek khususnya robotic, yang akan mengharumkan nama Bengkulu ke nasional maupun internasional, serta mengejar ketertinggalan kita dari kota-kota lainnya,” pungkasnya.

Sementara, usai kegiatan ini akan langsung diadalan lomba robotic tingkat SMP yang diikuti 22 kelompok dari kelas 7-9 SMP. (val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eight + 8 =

News Feed