Selasa, Desember 6, 2022

Pengalaman Menikmati “Terong-terongan” di Bengkulu

Baca selanjutnya

Produk kerajinan kuliner Bengkulu, "terong-terongan"
Produk kerajinan kuliner Bengkulu, “terong-terongan”

kupasbengkulu.com – Kalau kenal istilah “Cabe-cabean”, pastinya juga tak asing dengan yang namanya “Terong-terongan”. Tapi terong bukan sembarang terong, Kota Bengkulu memiliki jajanan khas dengan bahan baku terong ungu segar, yang justru lebih dikenal dengan istilah “Kurma Bengkulu”.

Nama jajanan khas ini sebenarnya Manisan Terong. Disebut Kurma Bengkulu karena rasa, tekstur, dan bentuknya persis dengan buah kurma.

Kenapa bisa begitu ya Kubers??
Hmmm.. cara membuat Manisan Terong ini sebenarnya sederhana, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Bisa 3-5 hari sekali pengerjaan.

“Bahan pembuatannya sederhana, terong ungu segar, kapur sirih, dan gula pasir,” terang Aini Kruspi, produsen sekaligus pemilik toko jajanan khas Bengkulu.

Langkah pertama, terong ungu segar yang sudah dibersihkan, dipotong kecil-kecil kurang lebih ukuran 1 centimeter. Setelah itu, terong ungu direndam dengan kapur sirih selama 24 jam. Hal ini ditujukan agar tekstur terong tersebut menjadi kenyal.

Terong-terongan yang baru selesai diolah
Terong-terongan yang baru selesai diolah

“Setelah terong selesai direndam dengan air kapur sirih semalam suntuk, kita perlu mencucinya hingga bersih. Bila perlu empat kali bilas di bawah air mengalir. Pokoknya sampai tidak ada bekas kapur sirihnya lagi,” katanya.

Jangan lupa persiapkan karamel dari bahan gula pasir, ya Kubers. Untuk membuat 10 kilogram Manisan Terong, diperlukan sekitar 4 kilogram gula pasir. Caranya mudah, dengan memasak gula tersebut dengan tambahan sedikit air dan diaduk hingga gula mengental dan menjadi karamel.

“Setelah terong dicuci bersih dan karamel sudah jadi, campurkan terong tersebut bersama karamel dan masak dengan api yang besar. Tambahkan sedikit air. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar karamel meresap dengan rata. Proses ini dilakukan kira-kira 30 menit hingga satu jam,” lanjut Aini.

Nahh, setelah air gula mengental dan makin sedikit, kita bisa mengangkatnya dan tiriskan. Tapi ternyata prosesnya tak sampai di situ. Untuk membuat manisan terong persis dengan buah kurma, kita perlu menjemurnya di atas atap, di bawah teriknya matahari. Jika hari benar-benar panas, hanya butuh waktu dua hari untuk menjemurnya. Namun jika matahari tak begitu menyengat, perlu waktu tiga hingga empat hari penjemuran.

“Setelah selesai dijemur, Manisan Terong bisa langsung dikemas. Biasanya untuk satu kotak Manisan Terong dihargai Rp 10 ribu, dengan berat sekitar 2 ons,” tutupnya.

Menarik bukan?
Nantikan yang unik-unik berikutnya di kupasbengkulu.com!!

Penulis: Valentina Alfarani

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Adakan UKW untuk Wartawan

Kupas News, Kota Bengkulu – Meningkatkan kompetensi wartawan di Bengkulu hingga saat ini terus dilakukan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Bengkulu, dengan...

Polsek Pino Dapati Ratusan Botol Miras saat Menggelar Razia

Ratusan botol miras yang disita Polsek Pino Polres Bengkulu Selatan, Senin, 5 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Selatan - Seorang pengemudi minibus berinisial...

Gubernur Rohidin Bagikan Tabung Gas Gratis untuk Warga Bengkulu Tengah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membagikan tabung gas 3 Kg gratis kepada masyarakat Bengkulu Tengah, Senin, 5 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Tengah...

Syarif Bastaman Terpilih Aklamasi Ketua Umum PB GABSI

Syarif Bastaman Ketua Umum PB GABSI terpilih (baju hitam) bersama Ketua GABSI Bengkulu, Rahiman Dani dan pengurus GABSI Bengkulu, Foto: Dok  Kupas News, Surakarta - Kongres...

Gubernur Rohidin Pastikan Bengkulu Genjot Infrastruktur Jalan di 2023

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhakti PU ke 77 Tahun 2022, di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Bengkulu, Sabtu, 3...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru