Selasa, September 27, 2022

TP PKK Bengkulu Gelar Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Tingkatkan minat masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Bengkulu dan Bengkulu Ekspress Group menggelar lomba masak, Rabu (10/8) di halaman Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkulu.

“Lomba kali ini berbahan dasar ikan ini dalam rangka meningkatkan gemar makan ikan. Kegiatan lomba ini dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Bengkulu berkerjasama dengan Kabupaten/Kota dan Bengkulu Ekspress,” kata Gubernur Rohidin saat membuka acara lomba.

Selain dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, lomba masak serba ikan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Di mana dalam lomba ini terdapat tiga katagori masakan olahan serba ikan. Di antaranya masakan konsumsi keluarga, konsumsi balita dan kudapan.

“Ini merupakan wujud syukur kita atas HUT RI. Bertujuan untuk menciptakan generasi masa depan yang sehat, cerdas ketika mengkonsumsi ikan dengan jumlah cukup,” kata dia.

Ketua Tim Penggerak PKK Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin mengungkapkan bahwa ikan memiliki banyak gizi yang baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, yang baik untuk mencegah terjadinya stunting.

“Harapannya, kreasi lomba dengan bahan dasar ikan, supaya masyarakat kita gemar makan ikan, karena selain sumber protein juga memiliki kandungan gizi yang tinggi,” papar Derta.

Pada perlombaan ini juga akan diberikan Piala Bergilir bagi peserta yang mengumpulkan poin paling besar dari ketiga kategori yakni pada masakan keluarga, makanan balita dan kudapan. Derta pun berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Piala bergilir ini untuk support ibu – ibu agar semangat mengikuti lomba, bisa menciptakan kreasi masakan ikan yang lebih variatif lagi, juga menarik masyarakat, Insyaallah setiap tahun kita laksanakan,” jelas Ketua PKK Derta Wahyulin Rohidin.

General Manager (GM) Harian Bengkulu Ekspress Suherdi Marabillie yang juga merupakan ketua panitia, menuturkan lomba masak serba ikan ini diikuti oleh 50 kelompok peserta. Dari TIM PKK Kabupaten/Kota, Dharma Wanita Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu, Dharma Wanita OPD Pemprov Bengkulu dan Organisasi Wanita lainnya di provinsi Bengkulu.

“Ada 50 tim, satu tim terdiri dari 2 orang, jadi ada 100 orang peserta. Dipilihnya ikan sebagai bahan utama karena Bengkulu salah satu provinsi penghasil ikan. Ini juga upaya kita menyemarakkan dan mengkampanyekan gemar makan ikan,” tutur Suherdi.

Tampil sebagai juara umum pada gelaran Lomba Masak Serba Ikan diperoleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong dengan perolehan poin sebesar 1675. Piala bergilir diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin.

Reporter: Adhika Kusuma

Bantuan Alsintan Gratis untuk Petani Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yang sempat terhenti 2 tahun terakhir akibat terjangan pandemi COVID-19 kembali dijalankan. Salah...

Buang Sampah Sembarangan di Kota Bengkulu Akan Ditindak

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu serius mengambil langkah tegas dalam penanganan sampah. Pemkot akan menegakkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 2...

Ayo Ikuti Literasi Digital Bertema Tiktok for Business

Kupas News, Bengkulu - Rejang Lebong, 24 September 2022, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu akibat pandemi covid-19 telah mendorong kita untuk berinteraksi dan...

Murai Batu Raib, Warga Sawah Lebar Baru Lapor Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu - Dua pemuda ditangkap usai melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) berupa seekor burung murai batu milik warga Kelurahan...

Bobol Ruang TU, Dua Remaja Diamankan Polsek Muara Bangkahulu

Kupas News, Kota Bengkulu - Dua orang remaja pelajar SMP di Kota Bengkulu ditangkap Unit Reskrim Polsek Muara Bangkahulu Polres Bengkulu lantaran mencuri kotak...

Terbaru